Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Anton Yuda Asmara: Ajak Warga Berzakat

Anton Yuda Asmara (HARSEM/WARA MERDEKAWATI)

PANDEAN LAMPER-Sebagai umat muslim, zakat menjadi sesuatu yang harus dibayarkan terutama zakat fitrah yang dibayarkan pada bulan Ramadhan.

Menyambut bulan Ramadan, takmir Masjid Baiturahim RW 06 Kelurahan Pandean Lamper atau yang saat ini dibentuk lembaga Baiturahim Institute Center, mengajak warganya untuk membayar zakat.

Salah satu pengurus BIC Anton Yuda Asmara mengatakan, takmir masjid ini sudah 10 tahun mengurusi masalah zakat fitrah. Mulai dari pengumpulan hingga pembagian zakat kepada warga yang kurang mampu.

“Dulu sifatnya seremonial saja selama bulan Ramadan. Tetapi sekarang dibentuk kelembagaan zakat yang dapat menampung zakat lainnya,” katanya.

Kelembagaan BIC ini baru berdiri 7 bulan, di mana pengurusnya merupakan takmir masjid setempat. Sehingga penyaluran maupun pengumpulan zakat bisa lebih terkoordinir.

“Karena sudah memiliki kelembagaan zakat, tiap bulannya warga bisa membayar zakat mal lewat kami. Nantinya zakat tersebut disalurkan untuk warga kurang mampu,” jelasnya.

Dikatakan, di wilayahnya terdapat 100 orang muzaki. Dengan 25 orang pembayar zakat tetap. “Di RW 06 ini ada 18 RT. Masyarakatnya sangat beragam, sehingga masyarakat yang mampu dapat menyalurkan zakatnya melalui BIC,” katanya.

Anton mengatakan, bersama pengurus lainnya senantiasa melakukan sosialisasi melalui badan pertemuan RW maupun di tiap pertemuan RT.

“Kesadaran warga disini untuk membayar zakat sudah baik, hanya saja perlu ditingkatkan kembali,” ungkapnya. (wam/16)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous