Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Gumilang Febriansyah Gaet Minat Remaja

Gumilang Febriansyah. HARSEM/WARA MERDEKAWATI
BANYUMANIK-Menjadi tantangan bagi Gumilang Febriansyah, yang sudah tiga tahun menjabat sebagai Ketua Karang Taruna Kota Semarang. Pasalnya, di tengah era globalisasi ini dinilai agak sulit untuk mengajak para remaja yang ada di kota Semarang bergabung dalam organisasi kemasyarakatan karang taruna.

     “Memang diera globalisasi sekarang ini, kami tetap berusaha menggandeng remaja untuk bergabung dalam kegiatan karang taruna. Karena banyak yang belum memahami manfaat yang diberikan apa dari karang  taruna,” kata Febri.

     Padahal, lanjutnya, banyak hal yang dapat diambil dari kegiatan organisasi masyarakat ini. Di antaranya,  mendapat pelatihan kepemimpinan, maupun kemandirian. Sehingga nantinya, remaja yang ada di kota Semarang ini menjadi  mandiri.

     “Di daerah pinggiran maupun perkotaan memang berbeda. Meski begitu kami tetap berusaha menggaet minat. Sekarang ini banyak karang taruna yang eksis di tingkat kecamatan,” lanjutnya.

     Misalnya, karang taruna Setiabudi Kelurahan Sumurboto, Kecamatan Banyumanik yang saat ini sudah memiliki usaha biro travel dan pembuatan spanduk. Belum lagi, di wilayah Lempongsari yang memiliki kegiatan belajar untuk anak-anak tanpa dipungut biaya.

     “Inilah yang menjadi salah satu bentuk kegiatan dari karang taruna dan bermanfaat bagi anggota serta membantu warga sekitar. Dari sini tentu saja anggota bisa belajar bagaimana memanage suatu usaha. Kemandirian itulah yang kami tekankan,” jelasnya.

     Terlepas dari itu, karang taruna merupakan organisasi nonprofit dan nonpolitik. Namun tidak membatasi jika ada anggotanya yang mau berkiprah dalam sebuah parpol. ”Kami membebaskan, siapa saja boleh ikut salah satu parpol, hanya saja kalau pas kegiatan karang taruna baju tersebut ditinggal dan kembali ke jas biru milik karang taruna,” ujarnya sembari tersenyum. (wam/njs)


Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]