Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

‘Minerva’ Singgah di Semarang, Awali Visit Jateng Year 2013

Turis mancanegara dari Australia dan beebrapa Negara Eropa, turun dari  MV Minerva berbendera Panama
di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, kemarin (Harsem/Cun Cahya)
SEMARANG-Sebanyak 432 wisatawan mancanegara dari Australia, Inggirs dan beberapa Negara Eropa datang ke Jateng menggunakan Kapal MV Minerva, berlabuh di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, kemarin.

Kapal MV Minerva berbendera Panama tersebut merupakan cruise pertama yang berlabuh di Jateng selama satu hari dalam rangka Visit Jateng 2013.

Mereka dijadwalkan akan mengunjungi tiga tempat, yakni Candi Borobudur  berjumlah 246 turis, Tlogo High Land berjumlah 34 turis, dan  city tour di Kota Semarang 57 turis.

Upacara penyambutan pertama dilakukan oleh Kepala Disbudpar Jateng, Prasetyo Aribowo dan Kepala Disbudpar Kota, Nurjanah kepada nahkoda kapal Captain Edward Seekers dengan memberikan kalungan bunga dan beberapa cinderamata.Lalu dilanjutkan semua turis turun dari kapal dan mendapatkan cinderamata serta disuguhi Tari Gambyong sebagai tarian ucapan selamat datang.

“ Ini kapal pesiar pertama yang datang ke Jateng  tahun 2013 dan diharapkan  kunjungan wisatawan mancanegara akan semakin meningkat,” kata Prasetyo Aribowo

Ia menjelaskan, untuk tahun lalu jumlah kapal pesiar  yang masuk ke Jateng  berjumlah 17 kapal dan untuk 2013 ini yang akan masuk sekitar 19 kapal sehingga Jateng bisa menjadi tujuan wisata yang sangat menarik bagi wisatawan mancanegara.

“ Kita menargetkan jumlah wisatawan mancanegara yang akan datang ke Jateng 2013, sebanyak 15.000 wisatawan sedangkan untuk wisatawan lokal sebanyak 25 juta wisatawan sehingga secara nilai ekonomis akan besar jika setiap satu turis asing mengeluarkan 625 dolar dan turis lokal Rp 250.000, berapa besar nilainya. Ini harus diimbangi dengan pelayanan dan keamanan yang maksimal,” ujarnya.

Prasetyo menambahkan, ke depan pihaknya akan menambah titik-titik destinasi wisata untuk wisatawan mancanegara, karena selama ini praktis hanya Candi Borobudur yang menjadi tempat utama padahal masih banyak tempat menarik lainnya di Jateng, seperti Kota Solo dan sekitarnya yang memiliki tujuan wisata heritage  menarik.

Salah satu turis asal Inggis Lauren (65) terlihat sangat antusias melihat tarian selamat datang yang dibawakan para anggota Sanggar Greget Semarang. Ia sibuk mendokumentasikan menggunakan kamera pocket-nya. Saat  didatangi  penari yang mengalungkan selendang untuk diajak menari bersama, tanpa canggung dan malu ia pun ikut  menari.

Dari  Semarang, MV Minerva akan bertolak menuju Pulau Bali,  kemudian Pulau  Lombok, Pulau Komodo, Makasar, Pare-pare, hingga Sandakan Malaysia. (cun/yul)


Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]