Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Normalisasi Kali Kendal Terkendala Bangunan

Kondisi Kali Kendal paskasurutnya air, separuh dari lebar sungai dipenuhi sedimentasi dan rumput liar yang tumbuh subur
HARSEM/SMNETWORK/ROSYID RIDHO
KENDAL - Normalisasi Kali Kendal di Kelurahan Kebondalem, Kecamatan Kota Kendal, tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat. Sebab, pengerukan sedimentasi secara total terkendala dengan bangunan rumah maupun tempat usaha yang berdiri di sepanjang sungai.

Bupati Widya Kandi Susanti beberapa waktu yang lalu mengatakan, pihaknya tidak bisa melakukan normalisasi Kali Kendal akibat banyaknya bangunan yang berdiri di sepanjang bantaran sungai. Dia mengakui, banjir yang terjadi di tujuh kelurahan di Kecamatan Kota Kendal merupakan banjir kiriman dan disebabkan buruknya endapan lumpur di sungai yang memisahkan Kelurahan Kebondalem dan Kalibuntu.

''Untuk normalisasi membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Sebab, harus memindahkan bangunan yang ada di sana. Anggarannya bisa miliaran,'' kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, hujan deras yang melanda Kabupaten Kendal sejak Jumat (4/1) petang hingga tengah malam menyebabkan tujuh kelurahan di Kecamatan Kota Kendal, Sabtu (5/1) tergenang. Banjir menggenangi wilayah Kebondalem, Langenharjo, Pegulon, Ngilir, Balok, Kalibuntu, dan Patukangan dengan ketinggian bervariasi mulai 20 sentimeter hingga setinggi lutut orang dewasa.

Kawasan tersebut merupakan daerah langganan banjir. Tujuh kelurahan itu tergenang air karena Kali Kendal tidak mampu menampung debit air yang datang dari selatan, sehingga melimpas ke jalan dan perkampungan di sekitarnya.

Kabid Pengairan Dinas Bina Marga, Sumber Daya Air, Energi dan Sumber Daya Mineral Kendal Joko Sarwono menjelaskan, untuk menormalisasi Kali Kendal, rencana jangka panjang, pihaknya akan melakukan investigasi mencari solusi pengerukan tersebut. Sementara jangka menengah mengajukan bantuan ke Pemprov Jateng maupun pusat. Dia mengatakan, tidak mudah melakukan normalisasi Kali Kendal dalam waktu dekat. Semua perlu pengkajian. ''Langkah-langkah jangka pendek yang akan kami lakukan, dengan kerja bakti membersihkan sedimentasi yang berada di Kali Kendal,'' tutur Sarwono.
(H36/SMNetwork/tab)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous