Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Penyakit yang Perlu Diwaspadai Sepanjang Musim Hujan


MUSIM hujan membawa berkah, namun juga bisa membawa penyakit bila kehidupan kita nggak teratur. Jadi, bersiaplah rempah-rempah hangat, baju hangat, payung dan obat-obatan di rumah. Jaga pola makan, kerja dan istirahat Anda, karena penyakit-penyakit di bawah ini rentan menghinggapi Anda selama musim hujan.

1. Sakit di Saluran Pernafasan

Udara dingin memicu penyakit-penyakit pernafasan dari ringan hingga berat. Misalnya flu atau bahkan infeksi saluran pernafasan. Konsumsi vitamin dan makanan-makanan yang meningkatkan kekebalan tubuh. Hindari kehujanan dan tidur terlalu larut karena udara dingin di malam hari dan tubuh yang tidak beristirahat mampu memicu muncul atau kambuhnya penyakit seperti asma hingga ISPA.

2. Sakit Diare dan Muntaber
Di musim penghujan, lalat biasanya muncul. Oleh karena itu, kebersihan makanan sebaiknya dijaga. Kadang orang menyepelekan bakteri pada makanan, padahal ketika kita sakit perut karena bakteri, pencernaan Anda akan tersiksa dan bisa mengalami sakit perut atau mual yang cukup hebat. Konsumsilah makanan yang higienis dari bahan alami dengan asupan gizi seimbang.

3. Demam Berdarah

Penyakit yang satu ini seringkali menjadi momok di musim hujan, baik di daerah yang rawan banjir maupun tidak. Hindari membuat tumpukan pakaian, barang bekas atau menampung air yang tak ditutup, karena tempat demikian sangat ideal menjadi sarang nyamuk. Bila ada yang terkena DBD, biasanya lingkungan sekitar akan mengadakan pengasapan atau fogging untuk membasmi jentik atau sarang nyamuk.

4. Gatal dan Jamur
Penyakit kulit juga bisa melanda bila kelembaban terlalu tinggi. Misalnya bantal yang tak dijemur, sepatu yang basah, baju yang kurang kering mampu menimbulkan jamur dan bakteri di kulit. Pastikan rumah Anda mendapat sinar yang cukup matahari, sirkulasi udara juga bagus, sehingga tidak memicu tumbuhnya jamur.
Nah, sudah siap tempur kan menghadapi penyakit-penyakit di atas? Jaga kesehatan dan tetap bersemangat.
(vem/yul)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]