Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Perhutani Kendal Tanam 315.230 Pohon

Adm Perum Perhutani KPH Kendal Sunarto menanam bibit pohon pada salah satu lahan di Kabupaten Kendal.
HARSEM/SMNETWORK/ROSYID RIDHO
KENDAL - Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kabupaten Kendal selama 2012 telah menanam 315.230 bibit pohon dari berbagai jenis yang tersebar di seluruh lahan di Kabupaten Kendal. Penanaman itu bertujuan mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Adm Perum Perhutani KPH Kendal Sunarto mengatakan, berdasar prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Januari - Februari, merupakan puncak terjadinya curah hujan di indonesia. Hampir seluruh elemen masyarakat, terutama yang terkait langsung dengan penanganan bencana banjir dan tanah longsor sedang bersiap-siap dan berupaya meminimalkan dampak yang ditimbulkan.

''Bencana alam berupa banjir, kekeringan, dan tanah longsor adalah bentuk-bentuk bencana yang sering dikaitkan dengan hutan,'' katanya, Selasa (8/1). Menurutnya, masyarakat menilai, bencana banjir dan tanah longsor terjadi karena kawasan hutan yang gundul. Padahal setiap tahun, pihaknya selalu melakukan penanaman pohon untuk mengurangi bencana tanah longsor dan banjir.

Kabupaten Kendal terbagi dalam tiga wilayah, yakni daerah pegunungan yang terletak di bagian paling selatan, perbukitan sebelah tengah, dan dataran rendah serta pantai di sebelah utara.

Perhutani KPH Kendal mempunyai luas kawasan hutan 20.300,58 hektar. ''Sepanjang 2012, kami menanam 315.230 batang pohon di beberapa titik, terutama di bantaran Kali Bodri dan Kali Blorong. Kabupaten Kendal tidak memiliki wilayah kritis, tetapi perlu adanya penanaman pohon,'' terang dia, diadmpingi Humas Perhutani KPH Kendal Totok Pujianto.

Sunarto menjelaskan, tanah longsor merupakan proses gerakan sebagai akibat pengaruh gravitasi. Aspek lain yang mempertegas longsor merupakan fenomena geologis adalah pengaruh dari aktivitas vulkanik dan tektonik berupa sesar yang menyebabkan penurunan stabilitas lahan. Hujan, kata dia, merupakan aspek lain yang memicu terjadinya longsor melalui peningkatan tekanan air terhadap pori-pori tanah. (H36/SMNetwork/tab)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous