Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

PPL Kota Semarang Dilantik Serentak

Sri Wahyu Ananingsih (HARSEM/DOK)
SEMARANG- Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) se-Kota Semarang akan dilantik serentak pada Selasa (8/1) di Gedung Mohammad Ichsan Lantai 8 Kompleks Balaikota Semarang, Jalan Pemuda Semarang.

Sedikitnya 227 PPL yang bertugas di 177 kelurahan di Kota Semarang akan dilantik oleh Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) masing-masing secara simultan di forum pelantikan bareng tersebut, yang dimulai pukul 10.00.

Mereka akan bertugas mengawasi seluruh tahapan Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng 2013 yang saat ini sedang dalam masa penyusunan Dafar Pemilih Sementara (DPS) dan juga Pemilu Legislatif 2014.

Ketua Panitia Pelantikan Serentak PPL se-Kota Semarang  Parlindungan Manik mengatakan, sebenarnya urusan melantik PPL adalah kewenangan penuh setiap Panwascam. Namun Panwascam se-Kota Semarang memilih melaksanakannya secara serentak agar efektif dan efisien. Adapun Panwaslu Kota Semarang bertindak sebagai pendamping dan supervisor dalam acara tersbut.

''Panwascam se-Kota Semarang sepakat untuk melaksanakan pelantikan PPL secara serentak. Hal itu jelas efektif dan efisien dari segi apapun,'' ujarnya. Lebih lanjut dia menyampaikan, usai pelantikan, langsung diadakan pembekalan kepada seluruh PPL. Beberapa ketua Panwascam menjadi pembicara dalam pembekalan tersebut, yang dibagi dalam tiga materi per kelas. Dalam setiap kelas, ada tiga pembicara dari tiga divisi.

Ia juga menjelaskan, Tim dari Panwascam Semarang Barat, Semarang Selatan, Candisari, Semarang Utara dan Gunungpati menyampaikan materi divisi Kelembagaan dan SDM. Lalu tim Panwascam Pedurungan, Semarang Timur, Gajahmungkur, Semarang Tengah dan Banyumanik kebagian memberi pembekalan Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga.

Sedangkan tim terdiri atas Panwascam Tembalang, Gayamsari, Tugu, Genuk, Ngaliyan dan Mijen mempresentasikan tata cara Penanganan dan Penindakan Pelanggaran. ''Pembekalan untuk memberi bekal kerja bagi PPL agar bisa menjalankan tugasnya,'' jelasnya.

Usai pembekalan, acara dilanjutkan Kirab Pengawasan Pemilu di jalanan seputar Tugu Muda, yang didahului apel siaga di halaman Balaikota. Ketua dan Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jateng dijadwalkan turut dalam aksi ini, dengan ikut menyebarkan  pamflet ajakan untuk mengawasi Pemilu kepada warga masyarakat.

Pawai Siaga

Pawai Siaga Pengawasan Pemilu di jalanan seputar kawasan Tugu Muda Semarang, menurut Ketua Panwaslu Kota Semarang Sri Wahyu Ananingsih akan digelar Selasa (8/1) mulai pukul 16.00. Dinyatakan, pihaknya bersama 48 anggota Panwascam dan 227 Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) se-Kota Semarang akan membagikan pamflet dan melakukan sosialisasi berisi ajakan kepada masyarakat untuk aktif mengawasi seluruh tahapan Pemilu. Dalam waktu dekat, yang harus diawasi adalah pelaksanaan Pilgub Jateng 2013.

''Kami menggelar pawai untuk mengajak masyarakat agar aktif mengawasi Pemilu. Yang paling dekat sekarang adalah Pilgub Jateng 2013,'' ujarnya. Ana menyampaikan, Pawai Siaga juga dimaksudkan untuk mengajak peserta Pemilu menaati seluruh aturan Pemilu dan tidak berupaya melanggar norma maupun merusak kondisi damai dan tenang, setidaknya di Kota Semarang.

''Pawai ini juga kami maksudkan untuk mengajak peserta Pemilu menjaga kedamaian dan ketenangan di Kota Semarang. Marilah menaati peraturan Pemilu dan jangan coba-coba melanggarnya,'' tegasnya. (H84/SMNetwork/tab)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]