Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Satgas Yonif 412 Kostrad Diberangkatkan ke Papua

Panglima Divisi (Pangdiv) 2 Kostrad, Mayjen TNI Setyo Sularso (kiri) bersalaman dengan prajurit Yonif 412 Kostrad yang diberangkatkan ke perbatasan Indonesia - Papua Nugini menggantikan Yonif 408/Suhbrastha yang habis masa tugasnya di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, kemarin
HARSEM/CUN CAHYA



Sebanyak 650 prajurit dari Batalyon Infantri (Yonif) 412 Raider Kostrad diberangkatkan ke perbatasan Indonesia-Papua Nugini menggantikan Yonif 408/Suhbrastha yang habis masa tugasnya di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, kemarin.

Batalyon yang bermarkas di Purworejo tersebut berangkat menggunakan KRI Banda Aceh dan akan bertugas selama enam sampai tujuh bulan ke depan. Dalam upacara pemberangkatan yang dipimpin oleh Panglima Divisi (Pangdiv) 2 Kostrad, Mayjen TNI Setyo Sularso mengatakan, tugas pokok yang diemban Yonif 412 Kostrad adalah menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI serta menjaga ketertiban teritorial wilayah Papua.

“Prajurit dilatih untuk berperang dan menjadi garda terdepan untuk mempertahankan kedaulatan NKRI  dari siapapun. Jadi barang siapa yang mencoba mengganggu kedaulatan Indonesia akan berhadapan dengan prajurit TNI,” tegasnya.

“Kerajaan Majapahit dan Sriwijaya yang kala itu sangat besar hancur bukan karena invansi asing, tapi karena dari dalam sendiri dan itu yang sedang terjadi di Papua. Oleh karena itu tugas pokok TNI yakni menjaga kedaulatan dan wilayah serta menjaga segenap tumpah darah Indonesia sesuai dengan UU no 34 tahun 2004,” tambahnya.

Mayjen TNI Setyo Sularso menegaskan bahwa Prajurit diberi senjata dilatih untuk tugas pokok TNI ketika menegakkan kedaulatan dan mempertahankan keutuhan wilayah. Ada musuh harus dilawan. “Ini menyangkut hidup matinya NKRI, kalau bukan TNI siapa lagi yang akan menjaga kedaulatan Indonesia,” katanya.

Selain mengemban tugas menjaga kedaulatan dan wilayah  NKRI, prajurit TNI juga mengemban misi lain, yakni bersinergi dengan masyarakat setempat dengan memberi beberapa perlengkapan untuk  membantu masyarakat di Papua, seperti membawa obat-obat sakit untuk masyarakat yang membutuhkan, alat-alat permainan, alat olahraga dan buku untuk dibagikan ke anak-anak dan masyarakat agar memiliki wawasan yang luas. (cun/sae)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]