Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Banyak Anak Belum Terlindungi

Siswa SMAN 2 mengikuti diskusi tentang anak  (HARSEM/DOK)
SALATIGA-Menurut Undang-undang Perlindungan Anak (UUPA) No 23 tahun 2002, anak ahrus dilindungi. Agar hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara optimal sesuai harkat dan martabat kemanusiaan. serta mendapat perlindungan dari tindak kekerasan dan diskriminasi.

Namun belum semua hak anak terpenuhi. Penilaian disampaikan Erry Pratama Putra dari Forum Perlindungan Anak Jateng saat mendampingi Forum Anak Salatiga (Rumanksa) dalam sosialisasi di SMA 2 Salatiga, (4/1).

Sosialisasi diikuti lebih dari 300 siswa SMA 2 yang difasilitasi Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Ketahanan Pangan, dan KB Salatiga.

Menurut Erry, baru beberapa daerah yang sudah memiliki perda tentang perlindungan anak. Sehingga belum semua anak mendapat payung hukum.

"Di Jateng baru Solo dan Klaten yang sudah memiliki. Sehingga upaya perlindungan anak belum maksimal," katanya.

Erry menyebut, hak-hak hidup anak itu sebenarnya termasuk masih dalam kandungan. Tetapi nyatanya masih banyak praktik aborsi. Kemudian anak yang berhadapan dengan hukum juga perlu dilindungi.

Dilibatkan Musrenbang
Kabid Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak Bapermas Salatiga Reni Hindartati mengatakan  tahun 2012,  Pemkot Salatiga  telah melibatkan anak dalam musrenbang kota.  Meski dalam taraf dilibatkan, belum sampai memberikan saran dan masukan.

"Harapan ke depan  anak yang terlibat dalam musrenbang harus berani  memberikan saran dan masukan kepada pemerintah,"katanya.

Menurut Reni, Salatiga tahun lalu meluncurkan menuju kota anak. Tahun depan diharapkan bisa menjadi kota layak anak. 

Kepala SMA 2 Salatiga Yuliati Eko Atmojo menyambut posistif sosialisasi dari forum anak Salatiga. Ini dibuktikan dengan banyaknya siswa yang dilibatkan dalam sosialisasi itu.

"Harapannya dengan sosialisasi ini dapat menghentikan kekeransan di kalangan pelajar," katanya.

Materi yang diberikan seputar perlindungan anak. Sosialisasi dibagi beberapa kelompok dengan materi yang diberikan pendamping. (H32, J21-SM Network/nji)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]