Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Koalisi PPP-PKB Hampir Final

Istajib AS (HARSEM/DOK)
SEMARANG-Setelah sebelumnya gagal berkoalisi dengan PAN, kini PPP bersama PKB kembali memastikan langkah koalisi yang hampir mendekati final. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua bidang Pemenangan Pemilu DPW PPP Jateng Istajib AS, baru-baru ini.

Ia mengatakan, saat pertemuan, kedua parpol berbasis Islam itu sepakat soal cagub yang akan diusung. Bahkan, kata dia, sudah ada kesepahaman untuk mengusung Mayjen TNI Suwarno.

“Insya Allah dengan PKB. Seperti yang disampaikan dalam rapat di internal DPW PPP Kamis (31/1) lalu,” katanya, yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi PPP DPRD Jateng. Ia juga mengatakan, sejauh ini belum ada penandatanganan koalisi resmi antara kedua partai tersebut. Dijelaskannya pula, koalisi itu sangat diperlukan untuk memenuhi syarat 15% karena PPP hanya memiliki tujuh kursi. Atas dasar itu, pihaknya telah menjalin komunikasi dengan parpol lain agar tidak terpengaruh oleh partai-partai yang cenderung lambat mengusung calon.

“Kemungkinan, partai besar akan memutuskan pada last minute,” ungkapnya. Seperti diketahui, saat Rapimda DPW PPP Jateng pada beberapa waktu lalu sudah disepakati akan mengusung Ketua DPW PPP Jateng Arief Mudatsir Mandan untuk opsi cagub maupun cawagub. Hanya saja, dalam perkembangan dinamika politik di Jateng, PPP ini diminati calon lain.

“Ada kandidat cagub yang membutuhkan PPP. Saya yakin, Pak Arief akan legowo,” jelasnya.
 
Sementara itu, Pengamat Politik Undip Semarang Teguh Yuwono menilai partai-partai menengah belum berani mengeluarkan rekomendasi cagub ataupun cawagub. Karena, partai-partai tersebut masih menunggu kandidat yang direkomendasi DPP PDI Perjuangan.

“Elektabilitas dan popularitas saja tidak cukup, melainkan harus memiliki jaringan kuat dengan kelompok masyarakat,” kata Teguh. Sebelumnya, Mayjen Suwarno mengklaim PPP, PKB, dan Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) akan mengusungnya menjadi cagub dalam Pilgub Jateng 2013. Suwarno yang juga mantan Pangdam V/Brawijaya itu bahkan sudah menyiapkan rencana deklarasi atas pencalonannya tersebut. (ano/tab)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]