Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Pemkab Tak Mampu Bangun Jembatan Pasir

Warga Desa Pasir masih nekat menyeberang dengan bergelantungan di puing jembatan (HARSEM/SUKMAWIJAYA)
DEMAK-Bupati Demak HM Dachirin Said mengakui APBD Demak tidak mampu untuk membangun total jembatan Desa Pasir Kecamatan Mijen yang putus akhir tahun lalu.

Daerah berharap ada bantuan dari pemerintah pusat, untuk mengantisipasi lumpuhnya jalur ekonomi di wilayah setempat.  Sejak Jumat, 21 Desember 2012 jembatan Pasir sarana penyeberangan dari sungai Wulan, putus. Dua pondasi jembatan sebelah Selatan yang sebelumnya sudah miring,tidak bisa menahan beban jembatan. Puing jembatan sangat berbahaya, ujung puing jembatan yang ambruk, masih menggantung pada badan jembatan yang tidak putus.
 
Bupati Dachirin mengatakan, semula pada perubahan APBD 2012 sudah dianggarkan dana sebesar Rp 500 juta untuk mendirikan tiang pancang jembatan, sayangnya sebelum direhab, jembatan malah putus. Namun di tahun ini melalui APBD 2013 dianggarkan lagi untuk rehab jembatan Pasir mencapai Rp 3 miliar.  
 
Paskajembatan ambruk, Pemkab juga meminta DPUPPE (Dinas Pekerjaan Umum Pemukiman Pertambangan dan Energi) Demak menyurvei kondisi jembatan, untuk melihat kerusakannya dan kemungkinan untuk merehab total jembatan Pasir.
 
Untuk sarana darurat, Bupati juga menyarankan, bisa menggunakan bangunan jembatan besi di Desa Ploso Kecamatan Karangtengah. Karena Ploso sudah memiliki jembatan yang baru, sehingga jembatan lama sudah tak digunakan untuk penyeberangan. Jembatan rangka besi selebar 1,5 meter dilengkapi kawat sling dan tiang penyangga, sangat bagus sebagai jembatan darurat di wilayah Pasir.
 
Bila akan digunakan terlebih dulu diukur panjang bentang jembatan besi dari Ploso dengan lebar sungai Wulan mencapai 120 meter. Sebelum dipergunakan kayu sebagai lantai jembatan besi, harus diperbaiki sehingga pejalan kaki dan motor roda dua bisa melintas. (swi/tab)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous