Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Karya Bhakti Garap Jalan Penghubung Desa

Warga bersama TNI bergotong royong membangunan jalan program karya bhakti (HARSEM/SUKMAWIJAYA)
DEMAK-Pelaksanaan Karya Bhakti pembangunan jalan beton bertulang sudah dimulai. Dalam APBD tahun 2013 ini, pemkab akan membenahi lima jalan desa dengan gotong royong bersama masyarakat.

Pelaksanaan karya bhakti akan dilakukan di 5 desa, meliputi Desa Donorojo Kecamatan Demak, Desa Sidomulyo Kecamatan Wonosalam, dan Desa Trimulyo Kecamatan Guntur.

Menurut Kepala Badan Permberdayaan Masyarakat Desa dan KB (Bapermas KB) Bambang Soesetiarto, lokasi karya bhakti akan ditambah 2 Desa, yaitu Desa Kedungwaru Lor Kecamatan Karanganyar dan Desa Kenduren Kecamatan Wedung.

"Dua desa tersebut masuk dalam Karya Bhakti Sengkuyung yang menerima dukungan dana dari APBD Propinsi," jelasnya setelah mengecek lokasi pelaksanaan karya bhakti di Desa Donorojo, kemarin.
 
Soesetiarto didampingi Kabid  Pemberdayaan Kelembagaan Masyarakat Adi Prabowo melanjutkan, total anggaran seluruh karya bhakti mencapai Rp 1,834 miliar, masing-masing desa akan menerima Rp 300 juta, hanya desa Kedungwaru Lor dan Kenduren menerima tambahan dari APBD Propinsi senilai Rp 167 juta.

Kegiatan fisik karya bhakti sengaja dialokasikan untuk pembangunan jalan penghubung antar desa, jalan desa menuju jalan kecamatan, atau menuju jalan kabupaten. Seluruh desa yang menerima program karya bhakti diharuskan menyediakan anggaran pendamping sebesar Rp 50 juta.
 
Pelaksanaan karya bhakti dilakukan oleh TNI bersama rakyat secara gotong royong selama 14 hari. Dalam pelaksanaannya, Bapermas KB akan mengevaluasi dan mengukur tingkat pemberdayaan masyarakatnya ketika program tersebut masuk ke desa.
 
Sementara itu Adi Prabowo menambahkan, pelaksanaan karya bhakti tahun 2012 lalu cukup bagus, peran serta masyarakat sangat tinggi. Hanya saja di Desa Loireng Kecamatan Sayung, karena mayoritas warganya pekerja atau buruh pabrik, desa kesulitan mendatangkan tenaga kerja dari warga sampai 60 orang setiap hari.
 
"Karena warga banyak bekerja di pabrik, mereka tidak ada waktu untuk bekerja bhakti, malah cenderung membayar orang lain untuk menggantikannya," jelas Adi.
 
Terpisah, Pasiter Kapt Inf Etok Suristiyono mewakili Komandan Kodim Letkol Arm Ruly Chadrayadi mengatakan, kerjasama warga dengan TNI melaksanakan karya bhakti cukup baik, seperti karya bhakti di Desa Donorojo Kecamatan Demak yang baru dibuka 28 Februari kemarin. “TNI akan membantu pemda dalam percepatan pembangunan,” jelasnya didamingi Kades Donorojo, Zamroni.

Di Desa Donorojo, pihaknya akan membantu pembangunan jalan beton bertulang sepanjang 516 meter x 3 meter, dengan waktu pelaksanaan dari 28 Februari-16 Maret 2013. Jalan tersebut merupakan jalan penghubung utama antara Desa Donorojo dengan Desa Katonsari Kecamatan Demak. (swi/hst)  
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]