Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Panen Raya Durian Brongkol Jenis Veira Paling Mahal

UNGARAN - Para penggemar buah durian, belum merasa puas jika belum merasakan dan menikmati durian Brongkol, yang berada di wilayah Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang. Buah tersebut terasa lain daripada yang lain atau memiliki rasa khas. Sejak sebulan ini, masyarakat Brongkol sedang berpesta panen durian dan tahun ini dinilainya merupakan panenan yang berhasil. Ini dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Bahkan, masyarakat menilai jika awal tahun 2013 ini merupakan bulan yang ditunggu dan sebagai bulan penuh berkah bagi warga Tabak Gunung, Brongkol. Pasalnya, mereka berhasil memanen buah duriah dan hasilnya sangat memuaskan. Durian khas Brongkol ini memiliki nama khas yaitu berdasarkan nama pemiliknya.

Kepala Desa Tabak Gunung, Sumardi mengatakan, tahun 2013 ini masyarakat Brongkol patut berbangga karena panen durian dinilainya berhasil. Rata-rata tiap warga memiliki pohon durian minimum 50 pohon dan usia pohon durian tersebut sudah puluhan tahun. Masing-masing pohon durian dapat menghasilkan buah hampir 100 buah. Dari hasil panen ini, dapat mendapatkan keuntungan hingga Rp 100 juta.

“Buah durian Brongkol ini dapat dijumpai di wilayahnya antara bulan Januari hingga Maret. Dalam bulan ini, para petani di Brongkol mengaku kewalahan melayani konsumen maupun pelanggannya yang telah memesan durian jauh hari. Keuntungan dari panen buah durian ini rata-rata Rp 100 juta dan bulan-bulan ini warga benar-benar menikmatinya. Pasalnya, masing-masing warga rata-rata memiliki 50 pohon durian,” jelas Sumardi.

Salah satu jenis durian unggul di Brongkol adalah Veira, jenis ini diambil dari nama pemilik pohon durian di Brongkol. Nama asli pemiliknya adalah Pairah. Hingga kini durian jenis Veira ini menjadi primadona tersendiri bagi Brongkol. Rasanya, selain manis, legit, pahit bahkan kadar alkoholnya cukup tinggi. Bahkan, sebagai buah unggulan, maka jenis ini sering memenangkan lomba durian hingga tingkat Jawa Tengah.

“Untuk masalah harga durian Brongkol, jenis Veira dinilai paling mahal, yaitu Rp 60.000 per buahnya dan dijamin isinya kecil namun dagingnya tebal. Harga jenis yang lain rata-rata Rp 20.000 sampai Rp 30.000, itu sudah besar dan bagus dan rasanya tetap dijamin khas durian Brongkol. Jenis yang lain diantaranya, Mustiko Ijo, Jambon dan Susu. Jenis-jenis ini banyak yang menyukai karena kadar alkoholnya tidak terlalu tinggi,” tandas Maryanto (57), salah satu pemilik kebun durian di Brongkol kepada Harsem, kemarin. (heru santoso/twu)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]