Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Honda Terus Perkuat Posisi

Didampingi CEO PT Astra International-HSO Sigit Kumala, Region Head AMC Semarang Darmawan Tjondrodihardjo dan Marketing Region Head AMC Semarang Soekamto Margono,  Plt Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mencoba Honda CBR di sela-sela peresmian Astra Motor Center Jalan Gajahmada, kemarin. SM/Irawan Aryanto
SEMARANG-PT Astra International Tbk-Honda Sales Operation (PT AI-HSO) meresmikan outlet terpadu Astra Motor Center (AMC) di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (17/7). Outlet AMC itu merupakan outlet sepeda motor Honda terbesar di Indonesia saat ini.
''Dari 11 main dealer Honda yang dimiliki PT Astra International Tbk - Honda Sales Operation, Astra Motor Semarang merupakan salah satu kontributor utama dari total penjualan Astra Motor secara keseluruhan. Karena itu, wilayah ini sangat istimewa," ujar Chief Executive PT AI-HSO Sigit Kumala usai peresmian AMC.
Dijelaskan, 11 area main dealer itu tersebar di di Sumatera Selatan, Bengkulu, Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Bali, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan-Barat-Tenggara, dan Papua.   
Menurut Sigit, dilihat dari penjualan sepeda motor di Jateng, terjadi pertumbuhan yang signifikan. Jika dilihat dalam satu dekade terakhir, yakni sejak 2000 hingga 2012, terjadi pertumbuhan 12 persen (%) tiap tahunnya. Pada 2000, berdasarkan data pendaftaran sepeda motor baru, total penjualan sepeda motor di Jateng sebanyak 165.000 unit, lalu pada 2012, penjualan melambung hingga mencapai 650.000 unit. Namun, jika dilihat dalam lima tahun terakhir, sejak 2009 hingga 2012, pertumbuhan penjualan sepeda motor di Jateng mencapai 20%.
"Melihat kondisi pasar di Jateng,  kami memperkirakan total pasar akan terus bertumbuh. Penambahannya bisa 10 sampai 12 persen," kata Sigit.
Dari total penjualan sepeda motor di Jateng selama satu dekade itu, Honda terus menguasai pangsa pasar hingga 2012. Honda menguasai Jateng dengan pangsa pasar di atas 60%, jauh meninggalkan para pesaingnya.
"Sejak 2009 hingga 2012 itu, pertumbuhan Honda mencapai 69 persen. Sekarang, perbedaannya dengan pesaing terdekat mencapai 29 persen," jelas dia.
Dan khusus 2012 lalu, dari total penjualan sepeda motor di Jateng sebanyak 650.000 unit, Honda meraih penjualan 412.822 unit dengan pangsa pasar 64%.
Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) dari total penjualan sepeda motor nasional sepanjang 2012 sebesar 7.064.457 unit, Honda mencetak penjualan 4.088.888 unit (pangsa pasar 57,8%), Yamaha di urutan kedua dengan 2.423.854 unit (34,3%), lalu Suzuki di urutan ketiga dengan penjualan 418.940 unit (5,9%), sisanya gabungan merek lain sebesar 132.775 unit (pangsa pasar 1,8%).
Dengan melihat kondisi pasar di Jateng dan penetrasi Honda yang sangat kuat, pihaknya merasa perlu membangun outlet untuk memberikan pelayanan lebih bagi para konsumen.
"Ini sekaligus sebagai pilot project untuk showroom-showroom kami di seluruh Indonesia. Kami optimistis, dengan kehadiran outlet terbaru, Honda bisa terus memantapkan posisinya sebagai pemimpin pasar di Jateng. Berdasarkan data AISI sejak Januari hingga Juni 2013, dengan total penjualan sepeda motor di Jateng sebesar 434.473 unit, Honda telah meraih penjualan 268.803 unit atau menguasai pangsa pasar sebesar 62%. Honda jauh meninggalkan para pesaingnya,'' paparnya.
Hingga akhir tahun nanti pihaknya pun optimistis bisa meraih pangsa pasar sebesar 67 persen. Sebab, dengan outlet baru dengan nilai investasi sebesar Rp 175 milar itu tentu akan ada peningkatan pelayanan kepada konsumen, di samping kehadiran beberapa tipe motor yang baru diluncurkan. Semuanya akan menambah porsi penjualan.
Region Head Astra Motor Semarang Darmawan Tjondrodihardjo menjelaskan, outlet AMC berdiri di atas lahan seluas 6.700 meter persegi (m2) di Jalan Gajah Mada, Semarang. Outlet itu memiliki luas bangunan 9.400 m2 yang terdiri dari bangunan untuk showroom dan workshop seluas 2.300 m2, kantor 3.100 m2, dan fasilitas penunjang (seperti parkir) seluas 4.000 m2.
Dijelaskan, di outlet terpadu itu, selain melayani penjualan sepeda motor, juga terdapat bengkel untuk pemeliharaan sepeda motor dan penjualan suku cadang. Selain itu, terdapat juga tempat pelatihan untuk tenaga pemasar di jaringan Astra Motor se-Jateng, sekaligus kantor pusat ritel bagi 961 jaringan atau sales office Astra Motor yang tersebar di empat karesidenan (Karesidenan Semarang, Solo, Pekalongan dan Pati) di 22 kabupaten di Jateng.
"Di outlet ini, kami juga memiliki showroom dengan pembagian tipe motor, baik motor sport, matik, atau bebek. Kami juga memiliki showroom untuk sepeda motor CBU dan motor balap sebagai bagian dari Astra Motor Racing Team. Warga Jateng yang ingin menjadi pembalap bisa bergabung di sini. Selain showroom, juga ada ruang tunggu VIP lounge yang dilengkapi fasilitas internet koneksi Wi-Fi, dan kafe. Sehingga konsumen tak jemu ketika menunggu motornya diservis," papar Darmawan.
Khusus untuk perawatan atau bengkel, di outlet terpadu itu tersedia 29 pit, yang merupakan pit terbanyak di Indonesia. Diperkirakan, dalam sehari bisa melayani perbaikan untuk sekitar 230 sepeda motor atau sebanyak 5.800 unit per bulan. Sedangkan untuk penjualan sepeda motor di seluruh Jawa Tengah diperkirakan sekitar 45.000 hingga 50.000 unit per bulan. (SMNetwork-H84/yul)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]