Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Gas 3 Kg Menghilang

Tabung gas ukuran 12 Kg masih tersedia di pengecer di wilayah Klaten Kota, tapi untuk tabung 3 Kg mulai sulit.
KLATEN-Gas bersubsidi ukuran 3 Kg semakin langka di pasaran. Akibatnya pengecer dan warga mulai kebingungan mencari pasokan gas. '' Saya sudah empat hari tak punya stok tabung 3 Kg, '' kata Projo,  pengecer warga Griya Prima, Desa Belangwetan, Kecamatan Klaten Utara, Selasa (5/11).
    
Langkanya gas bersubsidi membuat pengecer susah, sebab permintaan cukup banyak. Terpaksa setiap hari harus menolak pembeli yang datang. Sebab jengkel, kios dipasangi tulisan gas kosong agar warga tidak kecewa saat datang. Masalah itu pernah ditanyakan ke agen tetapi jawabanya memang sedang ada pengurangan. Pengurangan untuk apa dan bagaimana dia mengaku tidak paham. Meski gas ukuran 3 Kg langka tetapi untuk ukuran 12 Kg masih ada dan stok aman.
    
Kelangkaan semacam itu biasa terjadi pada bulan November atau awal tahun. Meski harga pada kisaran Rp 15.000 tetapi jika langka dicemaskan akan semakin naik harganya. Menurut Wati, warga Kecamatan Delanggu keluarganya mengandalkan gas untuk memasak di rumah. Sejak langka, keluhan paling banyak disampaikan ibu rumah tangga. '' Kalau ada harganya Rp 16.000,'' terangnya. Tidak hanya dipengecer dan pangkalan, di super market yang biasanya jarang dibeli warga pun sudah tidak ada barang. Yang ada tumpukan tabung gas kosong.
    
Jika kasus ini berlangsung berkepanjangan Wati khawatir akan memicu naiknya harga. Bukan saja harga tabung gas, sebab bisa memicu kebutuhan lain ikut naik. Apalagi saat ini , banyak warga mulai menggelar hajatan terutama pernikahan. Otomatis akan menyusahkan warga secara luas. Staf agen di Delanggu , Bandriyo mengaku biasanya mendapatkan kiriman 3.520 tabung per hari, namun sejak awal Oktober jatah tabung dikurangi 2,5 persen menjadi 3.180 tabung per hari. Meski dikurangi namun pasokan tetap berjalan normal meski berkurang jumlah.
    
Menurut Kepala Bagian Perekonomian Setda Pemkab Klaten, Ir Pri Harsanto,  ada pengurangan sebesar 2,5 persen alokasi elpiji 3 Kilogram  untuk bulan Oktober sampai November di wilayah Solo dan sekitarnya . Pengurangan itu untuk menyiapkan cadangan yang akan dimasukan pada alokasi Desember nanti. '' Itu dilakukan untuk mengantisipasi perayaaan Natal dan tahun baru,'' katanya. Solusi sementara kekurangan pada November, Hiswana sudah mengajukan tambahan fakultatif sebesar 100 persen.  Untuk wilayah Klaten penyaluran melalui 10 agen dengan jumlah kuota sebanyak 22.250 tabung per hari. Jumlah tersebut untuk memasok 741 pangkalan. (H34/SMNetwork/njs)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]