Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Harga Elpigi 12kg Naik, Banyak Masyarakat Berburu Tabung Gas 3kg

Tidak sedikit pedagang warung makan, beralih pada elpigi 3kg. (HARSEM/SUKMAWIJAYA)
Demak-Awal tahun 2014, harga elpigi 12kg mengalami kenaikan. hal ini mendorong masyarakat, cenderung beralih pada tabung gas 3kg.

Mungkin karena subsidi harga tabung gas 12kg telah dicabut oleh pemerintah, beakibat harga elpigi 12kg pada harga konsumen melonjak, dari semula Rp 85 ribu/tabung menjadi Rp 130 ribu/tabung.

Belakangan kenaikan harga ini, mendorong para pedagang makanan jadi, beralih menggunakan tabung gas 3kg. "Biasanya masak gorengan dengan tabung 12kg, karena harga naik, saya beralih ke tabung 3kg," ungkap pemilik Warung Sederhana di jalan Sultan Fatah Demak, Jawa Tengah, Solekahtun (39).

Untuk menghindari koplain dari langganannya, dia berusaha tidak manaikan harga makanan yang disajikan, namun mengurangi ukuran makanan, sehingga dirinya tak merugi.

Terpisah, Penjual Gorengan seputar Pasar Bintoro Demak, Sunyiati (41) sempat menjerit, lantaran isi dari tabung gas 3kg berbeda. Biasanya menggoreng masakan dengan jumlah yang sama, tidak harus mengganti tabung.

"Semua gorengan belum matang, isi tabung 3kg sudah habis," akunya, Jumat (3/1). Seudah lama dia beralih pada tabung 3kg, namun isi tabung tidak seperti tahun kemarin.
Menurut Sub Agen Elpiji Desa Pilangrejo RT 05 RW 01 Kecamatan Wonosalam, Demak, Setyono (50), tak sedikit para pedagang beralih pada elpogi 3kg. Kamis (2/1) kemarin, dia biasa menerima kuota 30 tabung 3kg/minggu, namun pada Jumat (3/1), elpigi tersebut laris dibeli, hanya tinggal 6 tabung saja.

Banyak orang lebih memilih membeli elpigi 3kg seharga Rp 17 ribu/tabung (harga konsumen), ketimbang elpigi 12kg seharga Rp 130 ribu/tabung. “Bila membeli elpigi 3kg bisa berhemat sampai Rp 62 ribu,” katanya.

Namun resikonya, kuota yang terjadi di para pengecer cepat habis, karena banyak masyarakat beralih membeli tabung gas 3kg.

Sementara, anggota Komisi B DPRD Demak, H Farodli meminta pemerintah segera meninjau kembali kebijakan menaikan harga elpigi 12kg. Dampaknya sekarang banyak pengusaha beralih pada elpigi 3kg.

“Seharusnya kenaikan elpigi 12kg dibarengi dengan kenaikan pada harga elpigi 3kg, sehingga tidak ada panic baying pada masyarakat, untuk beralih pada produk yang lebih murah,” jelasnya. Hal ini sekaligus mengakibatkan stock elpigi 3kg bagi wilayah tertentu, akan cepat habis, hingga menimbulkan kelangkaan.

Solusinya, menghindari gejolak di masyarakat, pemerintah menaikan harga elpigi 12kg tidak terlalu tinggi. Sekaligus menstandarkan harga elpigi 3kg, atau memberlakukan pembatasan penggunaan elpigi 3kg bagi para pengusaha. (swi)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]