Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Makam Tokoh Islam di Masjid Pekojan

MASJID Jami Pekojan berdiri di atas tanah seluas 3.515 M2, dengan luas bangunan asli seluas 16 M2. Masjid ini didirikan di atas tanah wakaf dari Khalifah Natar Sab asal Gujarat, wilayah India. Tidak diketahui kapan pertama kali bangunan ini berdiri. Sebelum menjadi bangunan masjid seperti saat ini, bangunan aslinya adalah mushola kecil dan pemakaman umum untuk warga sekitar yang mewakafkan tanah untuk tempat ibadah.

Di tangan kepengurusan Akuan (seorang keturunan Gujarat), masjid ini mengalami kemajuan. Pada tahun 1305 H oleh keluarga Akuan masjid ini dipugar diganti dengan bangunan yang lebih kokoh dengan lantai marmer dan sebagian dinding dilapisi keramik yang konon didatangkan dari Cina.

Pada perkembangannya di daerah tersebut makin lama makan ramai. Ditambah lagi di daerah itu juga sebagai tempat perdagangan yang banyak dikunjungi orang. Sehingga masjid ini pun perlu diadakan perombakan dan penambahan bangunan untuk menampung banyak jamaah. Sayangnya, perombakan itu harus menghilangkan bentuk kubah aslinya yang kecil. Areal pemakaman yang ada di sekitar masjid pun turut tergusur. Yang masih ada walinya dipindahkan ke pemakaman umum Bergota. Sementara yang tidak ada walinya dikumpulkan dalam satu liang pemakaman.

Sampai saat ini masih dapat dilihat beberapa makam di sekitar masjid yang nisannya mempunyai nama maupun tanpa nama.

Ada satu makam yang di waktu tertentu banyak dikunjungi oleh para peziarah, yaitu makam Syarifah Fatimah binti Sayed Husain bin Ahmad al Idrus. Dia adalah penyebar agama Islam atau pendakwah putri yang wafat pada 5 Jumadil Akhir 1290 H. Selain sebagai penyebar agama, Syarifah Fatimah juga sangat dikenal sebagai penyembuh. Sayangnya beliau wafat dalam usia yang masih muda.

Di samping makam Syarifah Fatimah terdapat pohon Bidara, yang konon berasal dari negeri Gujarat. Pohon ini tergolong unik, karena diyakini hanya ada di lingkungan masjid alias idak ditemukan di daerah lain. Pohon ini dapat tumbuh dengan sendirinya tanpa harus disemai. Karena jika disemai pohon ini dapat tumbuh lalu tidak lama kemudian mati dengan sendirinya. Pohon ini juga memiliki manfaat yang sangat banyak. Buahnya yang rasanya sedikit asam dan manis diyakini dapat mengobati sakit perut. Daunnya bisa digunakan untuk memandikan/melemaskan mayat yang kaku, selain untuk menghilangkan bau tak sedap dari mayat.

Setiap bulan Ramadan, masjid ini juga mengadakan kegiatan yang sama dengan masjid yang lain. Yang spesial adalah menu berbuka puasanya. Sejak dulu sampai sekarang menu yang disajikan adalah bubur putih dari beras yang dicampur santan kelapa dengan lauk sambal goreng, buahbuahan dan kurma, dengan minuman kopi susu/susu coklat. Setiap hari Kamis, menu berbukanya adalah bubur putih dengan lauk gule kambing. Yang menarik, bubur dibuat dalam dandang besar yang terbuat dari tembaga yang bentuknya cukup unik. Dimasak mulai sehabis Dhuhur dan selesai setelah Ashar (kirakira 34 jam).

Selain itu pada malam Nuzulul Quran (diambil hari ke 27 bulan Ramadan) takmir Masjid Jami mengadakan sahur bersama sekali dalam sebulan, dimulai pada pukul 24.00 WIB. (dayat_harian semarang)

___________
Dipersilahkan mengcopy dan menyebarluaskan artikel pada blog ini dengan tujuan untuk kemaslahatan bersama dan bukan untuk disalahgunakan. Namun perlu diingat, wajib menyertakan sumber blog ini yaitu http://hariansemarangbanget.blogspot.com. (terima kasih).
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

1 comment :

  1. Subhaanallaah semoga penulis mendapat imbalan manfaat berlipat ganda fari Allah dan semoga kaum muslimin mengenali sejarah perkembangan Islam di Indobesia.

    ReplyDelete

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous