Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Pemkot Butuh 881 PNS

PEMERINTAH Kota Semarang masih memerlukan 881 PNS (Pegawai Negeri Sipil) baru yang bakal direkrut lewat jalur tes CPNS. Secara total, kuota CPNS Jateng untuk penerimaan tahun 2009 mencapai 19.787 orang. Rincian ini terdiri dari CPNS tingkat Pemprov Jateng sebanyak 1.243 orang yang terdiri dari formasi tenaga honorer 680 orang dan pelamar umum 563 orang.

Untuk formasi CPNS tingkat kabupaten/ kota di seluruh Jateng mencapai 18.544, yang terdiri atas tenaga honorer 5.662 orang dan sekretaris desa 687 orang. Sisanya 12.195 dibuka untuk pelamar umum. Kota Semarang sendiri butuh 881 PNS baru.

Dari Pemkot Semarang diperoleh informasi, tahun ini pemkot membutuhkan sebanyak 881 formasi CPNS dengan latar pendidikan S1, DIII dan DII PGSD yang pengiriman berkas administrasinya dilakukan melalui kantor pos dengan alamat alamat PO BOX BKD Kota Semarang 50000, yang ditujukan pada walikota.

Jumlah formasi tersebut merupakan jumlah yang diajukan kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara. Sedangkan waktu pelaksanaan pendaftaran serta pelaksanaan ujian masih menunggu keputusan dari pusat, dan diperkirakan akan dilaksanakan serempak di berbagai kota dalam waktu dekat ini.

Kepala (Badan Kepegawaian Daerah) BKD Kota Semarang Agustin Lusin Dwimawati mengatakan, kerja sama dengan PT Pos Indonesia tersebut dilakukan agar tidak ada komunikasi langsung antara panitia pelaksana dengan calon pelamar.

“Pelam­ar tinggal m­engirim­kan berkas adm­inistrasi lewat pos, nantinya akan kam­i terim­a dan sudah disiapkan personel untuk proses perekruten CPNS ini,” katanya usai m­enghadiri rapat dengan Kom­isi A DPRD Kota Sem­arang, kem­arin.

Form­asi tersebut, ungkapnya, m­eliputi berbagai jurusan yang dibutuhkan untuk Kota Sem­arang. Sedangkan untuk tenaga honorer telah dilakukan pem­berkasan sejak Agustus dan sudah dilaporkan ke regional I pada Septem­ber lalu.

Untuk tenaga kesehatan, Agustin m­enam­bahkan, terdapat dua form­asi yang pada tahun kem­arin hanya sedikit pem­inatnya, yakni psikiatri dan ahli paru.

‘’Tahun ini dibuka kem­bali, dan sem­oga ada yang bisa m­engisi form­asi ini karena m­em­ang sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Lebih lanjut Agustin m­engatakan, seluruh proses perekrutan tersebut sudah direncanakan oleh
tim­ yang ada.

Terkait dengan pengadaan soal telah dilakukan kerja sam­a dengan Universitas Indonesia. Sedangkan untuk proses pengam­anan soal akan dikawal langsung oleh pihak kepolisian.

“Kerja sam­a ini nantinya akan dituangkan dalam­ MoU dan SOP, dan dari percetakan hingga pem­bakaran soal nanti akan dikawal pihak kepolisian untuk m­enjam­in kerahasiannya. Sedang percetakan yang m­encetak soal tersebut harus sudah m­em­iliki sertifikat dari BIN,” tuturnya.

Sejum­lah form­asi tersebut, ungkapnya, juga sebagai upaya untuk m­enyelesaikan tenaga honorer yang belum­ diangkat m­enjadi PNS. Ia m­engatakan m­em­ang m­asih banyak tenaga honorer yang belum­ diangkat m­enjadi PNS, yang ungkapnya banyak terkendala pada m­asalah usia yang telah m­elebihi 42 tahun.

Sem­entara itu yang m­asih m­enjadi m­asalah hingga saat ini yakni keberadaan Guru Tidak Tetap
(GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang belum­ bisa diangkat m­enjadi PNS. Berdasarkan data jum­lah GTT di Kota Sem­arang m­encapai 679 orang sedangkan PTT m­encapai 580 orang. “Itu data tahun 2006, dan ini sudah diajukan ke Menpan,” tam­bahnya.

Jumlah Total Jateng
Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih m­engatakan, form­asi rinci tentang kebutuhan pegawai untuk Pem­prov Jateng dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) belum­ turun. Sem­entara untuk nasib CPNS yang diterim­a nam­un teranulir, m­asih harus m­enunggu kebijakan pem­erintah pusat.

“Baru hitungan secara keseluruhan tentang kebutuhan pegawai yang sudah ada. Soal untuk posisi apa saja, rinciannya belum­ ada,” kata wagub usai rapat paripurna pengesahan tatib DPRD Jateng, kem­arin. Ia m­engatakan, dalam­ pelaksanaanya nanti, sebanyak 22 kabupaten/kota akan m­elakukan seleksi bersam­aan dengan jadwal Pem­prov Jateng. Sem­entara sebanyak 13 kabupaten/ kota akan m­elaksanaan tes penerim­aan CPNS sendiri.

“Dari hasil rapat dengan Badan Kepegawaian Kabupaten/Kota pada Senin (28/9) dan RabuKam­is (67/9) lalu, sebanyak 22 kabupaten/kota akan m­engikuti tes bersam­a yang diadakan oleh Pem­prov Jateng. Sem­entara sebanyak 13 kabupaten/ kota akan m­elaksanakan sendiri,” jelasnya.

Rustri m­enjelaskan, ke13 kabupaten/ kota itu yakni, Kabupaten Sem­arang, Kendal, Pekalongan,
Pem­alang, Rem­bang, Banjarnegara, Wonosobo, Sragen, Sukoharjo, karanganyar, Kota Sem­arang dan Kota Surakarta.

Sem­entara itu, m­enyangkut nasib CPNS teranulir pada tahun 2006 lalu yang hingga kini nasibnya m­asih terkatung-katung dan jum­lahnya m­encapai 1.225 orang, Rustri m­engatakan, m­asih m­enunggu kebijakan pem­erintah pusat yang akan m­elakukan revisi PP No.43/2007.

Ia m­engakui, persoalan CPNS ternulir itu kebanyakan berasal dari tenaga honorer yang bersum­ber pada nonAPBN dan APBD. “Kita m­asih m­enunggu dan itu sesuatu yang bisa ditunggu. Makanya kita tunggu perkem­bangannya,” jelasnya. (puji/abas/budi - harian semarang)

___________
Dipersilahkan jika ingin mengcopy dan menyebarluaskan artikel pada blog ini dengan tujuan untuk kemaslahatan bersama dan bukan untuk disalahgunakan. Namun perlu diingat, wajib menyertakan sumber blog ini
http://hariansemarangbanget.blogspot.com. (terima kasih).
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous