Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Gubernur Bibit Waluyo memantau pasokan beras di Jateng

Bulog akan Salurkan Raskin ke-13
Oleh Nur Hidayat   

Perum Bulog Divre Jateng memastikan akan menyalurkan beras miskin (raskin) ke 13, sesuai kebijakan Menkokesra.
    
Kepala Perum Bulog Divre Jateng Hari Susetyo mengatakan, munculnya kebijakan penyaluran raskin ke-13 ini disebabkan adanya percepatan penyaluran raskin bulan April di bulan Maret, serta Agustus, saat Idul Fitri.
    
“Penyaluran raskin ke 13 akan dilakukan mulai awal Desember mendatang. Diharapkan melalui penyaluran ini tidak ada kekosongan pembagian raskin pada bulan berikutnya,” ujar Hari, kemarin.
    
Ditambahkan, jumlah raskin yang akan disalurkan sebanyak 43.000 ton atau sejumlah penyaluran satu bulan. Sedangkan jumlah Rumah Tangga Sasaran (RTS) sebanyak 2.888.000 RTS. Jumlah tersebut menambah pagu raskin Jateng per tahun sebesar 519.904 ton.
    
Hari mengaku, meski terjadi penambahan alokasi raskin tidak mempengaruhi jumlah stok. Bahkan, stok raskin untuk Jateng masih relatif aman untuk dapat dimanfaatkan hingga Januari tahun 2012 mendatang.
    
"Stok raskin masih sangat aman, dimana kondisi stok yang ada saat ini masih bisa digunakan hingga awal tahun nanti. Sedangkan untuk selanjutnya kita masih terus melakukan penyerapan beras dalam negeri dari para petani," terangnya.
    
Keamanan stok beras tidak terlepas dari panen di wilayah Jateng yang lumintu atau tidak serentak. Saat ini, Bulog masih bisa menyerap beras dari wilayah Karesidenan Pekalongan, Karesidenan Surakarta, serta Banyumas.
    
“Jumlah beras yang diserap memang tidak sebanyak pada saat musim panen. Pada musim panen, kami bisa menyerap sebanyak 2.500-3.000 ton per hari. Saat ini yang bisa terserap hanya 800-1.200 ton per hari. Namun jumlah tersebut cukup untuk mengamankan stok beras Jawa Tengah,” lanjutnya.
    
Dengan kondisi yang ada kini, diharapkan harga beras di pasaran masih tetap stabil, dimana saat ini tercatat Harga Pokok Penjualan (HPP) berada di angka Rp 6.000/kg dengan Gabah Kering Giling (GKG) Rp 4.300/kg.
    
Sementara itu, hingga bulan Oktober 2011 Perum Bulog Divre mencatat realisasi penyaluran raskin di Jateng sebesar 471.064 ton atau sekitar 90,62% dari alokasi yang sebelumnya dipatok 519.904 ton. (tab)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous