Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Tol Ungaran-Bawen Baru 5,4 Persen Terhambat Pembebasan Lahan PTPN IX dan SDN Kandangan

Sejumlah alat berat masih melakukan pekerjaan awal proyek jalan tol ruas Ungaran-Bawen

Oleh Nino Adisumarto

Belum tuntasnya pembebasan lahan PTPN IX dan SDN Kandangan menghambat pengerjaan jalan tol ruas Bawen. Volume pekerjaan baru 5,4%

PENGERJAAN proyek tol Semarang-Solo ruas Ungaran-Bawen terkendala pembebasan tanah milik PTPN IX dan relokasi SDN Kandangan 02-04. Hal ini dikhawatirkan oleh kontraktor akan menyebabkan molornya jadwal penyelesaian proyek tidak sesuai jadwal yang ditetapkan dalam kontrak kerja.

Kepala Lapangan PT Waskita Karya, Eko Suyono menjelaskan, dengan belum selesainya proses relokasi SDN Kandangan 02-04 dan pembebasan tanah milik PTPN IX, praktis akan mempengaruhi jadwal dan tahapan kerja pihaknya. “

Seharusnya sejak awal kami sudah mengerjakan pengerukan tanah di lokasi SDN Kandangan, tapi belum adanya realisasi relokasi maka untuk sementara pekerjaan dialihkan ke lokasi lainnya,” terang Eko, kemarin.
Dijelaskan, volume pengerukan tanah di Kandangan diperhitungkan mencapai 600.000 meter kubik, dengan kedalaman mencapai sekitar 30 meter. “Untuk itu saya berharap pihak TPT segera melakukan relokasi bangunan SDN Kandangan. Bila tidak segera dirolakasi sudah pasti akan berpengaruh jadwal pengerukan,” kata Eko.

“Pengerukan itu sendiri merupakan pekerjaan vital, karena di bawahnya nanti merupakan ruas jalur tol yang di atasnya akan dibangun over pass,” tambah dia.

Eko menambahkan, pihaknya juga menyayangkan tertundanya pembebasan tanah milik PTPN IX. Pasalnya, hal itu berbuntut pada penolakan pihak PTPN terhadap proses mobilisasi alat berat PT Waskita karya. “Padahal mobilisasi alat berat itu penting untuk mengerjakan jalur akses tol Bawen. Kalau mobilisasi alat berat tidak diizinkan melalui area PTPN, kami tidak mungkin dapat mengerjakan akses jalur tol Bawen,” ujarnya.

Padahal, menurut Eko, selama ini pihaknya telah mengantongi izin pengerjaan proyek di lahan milik PTPN dari gubernur dan direktur PTPN pusat. Namun situasi di lapangan berbeda, petugas PTPN IX bersikeras menolak masukhya alat berat di lokasi. “Mungkin petugas PTPN IX belum menerima tembusan dari pusat,” ungkap dia.

Menurut Eko, keterhambatan pembebasan tanah tersebut disebabkan belum adanya kesepakatan harga ganti rugi lahan. Informasinya yang diterima pihaknya, pemberkasan sudah dilakukan antara PTPN IX dengan pihak tim pembebasan tanah (TPT).  “Katanya tinggal menunggu proses pembayaran, dan kami boleh memengerjakan di lokasi PTPN IX. Tapi nyatanya petugas menolak mobilisasi alat berat di lokasi,” katanya.

“Masalah pembayaran ganti rugi memang masih simpang siur. Ada juga informasi yang menyatakan PTPN minta harga lebih, tapi ada juga yang mengatakan bahwa harga ganti ruginya belum ditetapkan tim apraissal,” tambah dia.

Dikatakan, sejauh ini progres pembangunan jalan tol ruas Bawen baru mencapai sekitar 5,4% dari total panjang 4 km, yang meliputi 1.015 meter jalur utama tol dan 3 km jalur akses keluar masuk tol. “Sebenarnya kami harapkan relokasi dan pembebasan tanah PTPN IX segera diselesaikan. Karena kami ingin menyelesaikan proyek ini sesuai jadwal yang ditetapkan dalam kontrak. Apalagi di ruas Bawen ini terdapat 1 under pass dan 5 over pass,” pungkas dia. (nji)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous