Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Sujito, Pembuat Knalpot Mulai Motor Balap Hingga Racing

Sujito memperlihatkan knalpot motor hasil buatannya. HARSEM/WARA MERDEKAWATI


SAMPANGAN-Bunyi nyaring dari sebuah motor terkadang membuat pemakainya lebih percaya diri. Apalagi, dengan komponen pembuangan dan ukurannya sesuai, dapat membuat laju motor menjadi lebih cepat.

     Untuk mendapatkan knalpot yang sesuai dengan selera tidak perlu merogoh kocek dalam. Pasalnya banyak perajin knalpot di Semarang yang kualitasnya tidak kalah dengan perajin knalpot dari luar daerah, seperti Purbalingga.

     Sujito (43), warga Kelurahan Sampangan, Kecamatan Gajahmungkur salah satunya. Mengawali usahanya tahun 1992. Dirinya sudah membuat ratusan knalpot motor standar hingga motor racing.

     “Pertama saya ikut kakak, bantu-bantu buat knalpot. Kebetulan kakak punya bengkel di daerah Kelud tahun 1985. Karena memang saya tidak ada basic perbengkelan, jadi saya belajar dari kakak dan teman yang kerja di bengkel,” ungkap Pria asal Wonogiri ini.

     Knalpot untuk motor dengan jenis RC 100 Suzuki ini menjadi karya pertama bapak dua anak ini. Bahkan tahun 1994 dirinya dipercaya membuat knalpot untuk motor cross yang kerap balap di Tawang Mas. “Dulu sebelum buat kanlpot saya hanya disuruh bongkar saja. Tetapi sekarang sudah bisa buat sendiri,” katanya.

     Bertempat di bengkelnya yang berada di Jalan Menoreh raya No 55 ini, Sujito tiap hari bergelut dengan plat besi sebagai bahan dasar knalpot, gunting cekung, soket, palu dan alat alas untuk membuat pesanan knalpot dari pelanggannya.

     Sujito mengatakan, membuat kanlpot sama halnya dengan membuat pakaian, karena harus menggambar pola terlebih dahulu di atas karton. Setelah itu barulah ditempelkan pada plat besi dan digunting sesuai dengan pola.

     Setelah itu, baru proses pengelasan untuk menyambung pola-pola yang ada. Proses tersebut memakan waktu selama dua sampai tiga jam untuk mendapatkan hasil las yang rapi dan kuat. Dalam pembuatannya, lanjut Sujito, juga harus diperhatikan jenis motor serta volume tabung knalpot yang akan dibuat. Karena tiap jenis motor berbeda volume tabung knalpotnya.

     Dengan dibantu dua karyawannya, dalam satu hari dirinya mampu membuat empat knalpot untuk jenis motor Ninja, dan dua sampai tiga knalpot untuk jenis motor RX King. “Bagian tersulit saat melengkungkan plat besi, karena ini dibuat secara manual,” jelasnya.

     Untuk mendapatkan knalpot buatannya, Sujito mematok harga berkisar Rp 180 ribu hingga Rp 250 ribu. Tergantung dari jenis motor dan tingkat kesulitannya. Mengenai model knalpot, biasanya pemesan sudah memiliki model sendiri,  mereka menginginkan diamater tabung knalpot yang diperbesar.

     Menurutnya, menghasilkan knalpot yang bagus harus memiliki volume tabung yang sesuai dengan jenis motornya. “Diameternya tepat, dan hasil las-lasannya rapi. Karena fungsi knalpot dalam kendaraan untuk pembuangan asap. Kalau sesuai maka motor bisa melaju cepat,” terangnya.

     Sujito mengatakan, dirinya tidak hanya melayani pembuatan knalpot untuk motor saja. Tetapi kendaraan lainnya seperti mobil. Pelanggannya pun tak hanya datang dari Semarang saja, melainkan banyak dari luar kota. Di antaranya, Batang, Kudus, Mranggen, Jakarta, Tuban, Demak. (wam/njs)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

2 comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous