Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Jelang Imlek, Umat Tridharma Bersih bersih Klenteng


KRANGGAN-Sudah menjadi tradisi umat Tridharma, menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2564 yang jatuh pada 10 Februari mendatang. Mereka melakukan kegiatan bersih-bersih  di Klenteng Tay Kak Sie.

     Tidak hanya membersihkan bangunan klenteng saja, tetapi juga memandikan arca “kongco” yang ada di klenteng Tay Kak Sie. Setidaknya ada sekitar 20 kongco (dewa) yang berada di klenteng tersebut.

     Para umat Tridharma  membersihkan arca dewa dengan menggunakan kuas dan kain yang sudah dibasahi dengan air rendaman bunga. Setiap lekuknya tak luput dari perhatian para umat untuk dibersihkan dari debu yang menempel. Salah satunya arca Kongco Poo Seng Tay Tee atau dewa obat.

     “Pemandian arca menjadi bagian bersih Klenteng yang dilakukan jelang imlek. Yakni setelah dewa naik ke Kahyangan. Dewa naik ke Kahyangan tiap tanggal 24 bulan ke 12 penanggalan imlek, menjelang tahun baru. Lantas, kembali setelah tahun baru, yakni tanggal 4 bulan 1 imlek,” kata Nio Peng Liem, Hu Lo Cu (wakil penanggung jawab arca) di Klenteng Tay Kak Sie.

Pembersihan arca termasuk bangunan Klenteng ini, lanjutnya, untuk menyambut kedatangan kembali mereka ke bumi setelah perayaan tahun baru imlek.

     “Kebetulan kegiatan bersih Klenteng dipilih Selasa (5/2). Semua umat di Klenteng serentak melakukan kegiatan bersih-bersih Klenteng dan arca,” lanjutnya.
     Dikatakan, setiap Klenteng mem
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]