Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Dua Toko Ludes Terbakar

JINAKKAN API: Toko yang terbakar tinggal puing-puing setelah petugas pemadam berhasil menjinakkan api. (Harsem/JBSM)
 
SEMARANG - Kebakaran benar-benar menghantui Kota Semarang. Setelah kebakaran sebelumnya menewaskan 7 orang, kali ini menimpa dua toko di Jalan Kauman, komplek pasar Johar atau tak jauh dari Masjid Besar Kauman, ludes terbakar, Senin (6/8)sekitar pukul 04.00.

Dua toko yang terbakar itu adalah toko bahan-bahan material “Maju” milik Mas’udah (58) dan toko perlengkapan pakaian adat Jawa “Timbul Busono” milik Kusnin Hadi Winoto.

Informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, tidak ada korban dalam insiden kebakaran tersebut. Namun keduanya ludes dilalap si jago merah. Kebakaran terjadi sekitar pukul 04.00.  Sumber api diketahui berasal dari Toko Maju yang saat kejadian dalam kondisi tak berpenghuni.

Menurut saksi mata Musripah (45), awal mula api muncul dari belakang toko Maju. "Saat itu, saya bersama keluarga selesai makan sahur. Begitu membuka jendela telah terlihat api yang berkobar," kata
saksi yang tinggal di sekitar lokasi kejadian.  

Melihat kondisi itu, Musripah pun panik dan bergegas ke luar rumah. "Saya teriak meminta pertolongan kepada warga sekitar," katanya.

Mendengar teriakan itu, sejumlah warga langsung berhamburan berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Di antara mereka juga berusaha menyelamatkan barang-barang berharga di toko. "Tapi ternyata api tetap saja membesar sehingga warga kewalahan. Malah api tersebut merembet ke toko Timbul Busono, yang posisinya berdempetan," katanya.  

Saat kejadian, pemilik toko Timbul Busono, Kusnin beserta keluarganya berada di dalam toko. Mereka pun lantas berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri.  Sebelumnya, Kusnin sendiri mengaku berada di dalam kamar. Ia terhenyak melihat api yang telah merembet ke tokonya. “Saya bermaksud mengambil peralatan sholat. Rencananya akan menuju ke masjid untuk melaksanakan sholat subuh," kata Kusnin.

Setelah dilaporkan, sedikitnya 6 unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian. Dibutuhkan sekitar 40 menit, akhirnya belasan petugas dibantu  warga berhasil menjinakkan api.

Sementara pemilik toko Maju, Mas’udah, yang datang menyusul tak bisa berbuat apa-apa melihat api melalap toko miliknya. Ia sendiri tinggal di rumahnya di RT 03 RW 02, Kelurahan Bangunharjo, Kecamatan Semarang Tengah, atau sekitar 50 meter dari lokasi kejadian. Hampir seluruh bangunan dan isi toko Maju ludes terbakar. Sedangkan barang-barang yang berada di toko Timbul Busono sebagian bisa diselamatkan.

Pihak kepolisian dari Polsek Semarang Tengah dan Polrestabes datang di lokasi kejadian untuk melakukan identifikasi. "Kami masih memintai keterangan dari sejumlah saksi untuk mengetahui penyebab kebakaran secara pasti. Namun dugaan sementara kebakaran disebabkan korsleting arus pendek di Toko Maju," kata Kapolsek Semarang Tengah, Kompol Prayitno. (abm/12)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous