Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Pilgub 2013 PPP Siap Koalisi

 
SEMARANG – Persoalan koalisi untuk mengajukan nama calon yang maju dalam pemilihan gubernur (pilgub) 2013 mendatang masih belum dibahas sejumlah partai politik (parpol). Namun, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyatakan siap.

KETUA DPW PPP Jateng, Arief Mudatsir Mandan mengatakan, partainya siap berkoalisi dengan partai lain untuk mengusung calon gubernur pada pemilihan gubernur (Pilgub) 2013 mendatang. Hal itu dikatakannya seusai acara Bincang Ramadan di kantornya, Jalan Semarang-Kendal km12, kemarin. Ia mengatakan, persoalan koalisi merupakan realitas politik yang kerap terjadi.

“Kita menyadari PPP bukan partai yang terlalu besar karena hanya ada tujuh wakil di DPRD. Dari realitas politik yang ada, parpol kecil tidak mungkin mengajukan nama calon untuk menjadi orang nomor satu sehingga dibutuhkan koalisi. Kemungkinannya ada dua, parpol tersebut gabung dengan partai-partai kecil lainnya agar bisa mengusung nama untuk menjadi orang nomor satu, atau parpol kecil bergabung dengan yang besar,” katanya.

Ia juga mengatakan, PPP juga siap hanya menjadi pendukung dalam pilgub. “Bahkan, kita juga bisa hanya menjadi pendukung saja saat ada koalisi. Politik itu kan seni kemungkinan. Karena, semuanya serba tidak pasti,” ujarnya.

Meski begitu, lanjut dia, PPP akan lebih proaktif saat membahas persoalan pilgub. Artinya, PPP tidak hanya menunggu ajakan koalisi dari parpol lain.

“PPP akan lebih proaktif, tidak hanya menunggu parpol lain yang mengajak koalisi. Yang jelas, kita akan mendahulukan kader. Partai manapun akan melakukannya. Jika tidak ada, maka akan dicari dr luar. Belum tentu pula, kader di parpol lain punya kader yang baik. Untuk itu, kita berusaha mencari yang baik,” jelasnya.

Soal kriteria calon, “PPP berusaha melihat track record-nya. Tidak hanya populer tapi calon yang acceptable di mata masyarakat. Yang penting, kita sedang mencari calon pemimpin yang jujur, amanah, dan bersih,” tegasnya lagi.

Restu Ketum
 
Sementara, Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu DPW PPP Jateng, Istajib AS mengatakan, Ketua Umum PPP Suryadharma Ali telah merestui Ketua DPW PPP Jateng Arif Mudatsir Mandan untuk maju dalam Pilgub Jateng 2013. “Bapak ketua umum secara khusus meminta Pak Arif maju dalam Pilgub Jateng baik sebagai calon gubernur atau wakil,” kata Istajib.

Menurut dia, alasan Suryadharma Ali merestui untuk maju karena Arief Mudatsir merupakan politisi senior PPP yang telah memiliki pengalaman. Selain itu, mantan anggota DPR RI itu juga didukung oleh sejumlah kyai berpengaruh seperti Ketua Majelis Syariah PPP KH Maimoen Zubair.

“Kalau Kyai Maimoen sudah bicara, hal itu kan berarti sudah sangat kuat,” katanya yang juga menjabat sebagai Ketua Fraksi PPP DPRD Jateng.

Seperti diketahui, nama Arif Mudatsir sebelumnya juga masuk dalam 11 tokoh yang disurvei PPP. Sepuluh lainnya yakni Gubernur Jateng Bibit Waluyo, Wakil Gubernur Rustriningsih, Sekda Jateng Hadi Prabowo, Tjahyo Kumolo (Sekjen PDI Perjuangan), Wisnu Suhardono (Ketua Golkar Jateng), Mulhim Asyrof (Mantan Pangdam IV Diponegoro), Kukrit Suryo Wicaksono (Ketua KADIN Jateng dan Tokoh Media), Sudharto P Hadi (Rektor UNDIP), Diah Anggraeni (Sekjen Depdagri), dan Muhammad Adnan (Ketua PWNU Jateng).

Nama-nama itu dilempar ke publik untuk mendapat masukan tentang popularitas, penerimaan dan jejak rekamnya. Pada akhir Oktober nanti atau sebelum tutup tahun, masukan dari publik ditutup dan PPP langsung mengumumkan nama yang akan maju dalam pilgub.(ano/12)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous