Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

PT KAI Tambah 10 kereta Lebaran

 
UJICOBA KA: Sejumlah rekan media dan jajaran PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang melakukan ujicoba KA Tawang Jaya AC jurusan Semarang-Jakarta dari Pekalongan-Tegal, Senin (6/8). (JBSM/Zakki Amali)


SEMARANG- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang menambah sebanyak 10 kereta ekonomi AC dengan kapasitas 880 penumpang. Penambahan rangkaian kereta tujuan Semarang-Jakarta dan sebaliknya  ini untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik dan balik pada Lebaran 1433 H. 

Kepala PT KAI Daops IV Semarang, Arief Wahyudi, mengatakan KA bernama Tawang Jaya Lebaran AC akan dioperasikan mulai H-10 (sepuluh hari sebelum Lebaran), tepatnya 9 Agustus 2012 dari Jakarta ke Semarang. Sedangkan dari Semarang ke Jakarta akan dioperasikan mulai 10 Agustus 2012.

"Setiap gerbongnya ada dilengkapi pendingin ruangan," katanya saat mengujicoba KA Tawang Jaya Lebaran dari Pekalongan ke Tegal, kemarin.

Dia menambahkan  KA buatan PT Industri Kereta Api (Inka) Madiun memiliki tempat duduk yang sama dengan KA ekonomi biasa, tetapi dilengkapi dengan AC di setiap gerbongnya dan pintunya sudah menerapkan sistem otomatis. Selain itu ditambah juga dua set kereta diesel jrusan Tegal-Jakarta dengan kapasitas mencapai 800 penumpang.

Sementara itu, sebanyak 200 KA yang beroperasi di wilayah Daops IV Semarang telah rampung diperbaiki di Balai Yasa Tegal pada 5 Agustus. Perawatan antara lain berupa pengecatan kereta, pengantian rem, dan pengantian roda.

"Perawatan seluruh kereta telah selesai tepat waktu, jadi sekarang petugas fokus ke stasiun dan posko Lebaran," kata Arief.

Setiap bulan sebanyak 20 kereta diperbaiki di Balai Yasa. Sebagian KA dari wilayah Purwokerto dan Yogyakarta juga diperbaiki ke Balai Yasa Tegal. Petugas perbaikan langsung diperbantukan di setiap stasiun dan posko untuk antisipasi kerusakan kereta.

"Setiap kereta sekarang berkurang kapasitasnya yang tahun lalu 150 persen, sekarang paling 115 persen. Kereta akan lebih longgar karena ada tambahan," ujarnya.

Ada tiga jadwal pemberangkatan KA Tawang Jaya, dua KA tambahan dan satunya KA reguler. Jadwal keberangkatan KA Tawang Jaya dari Semarang, kata dia, yakni KA Tawang Jaya reguler pukul 19.00 WIB, Tawang Jaya Lebaran non-AC pukul 18.00 WIB, dan Tawang Jaya Lebaran AC berangkat pukul 07.05 WIB.

Ketiga KA ekonomi itu berangkat dari Stasiun Poncol Semarang. Rencana ke depannya, kata Arief, operasional KA ekonomi AC tersebut tak hanya dilakukan untuk masa Lebaran, tetapi dioperasikan melayani masyarakat seperti KA-KA reguler lainnya.

Tiket untuk KA Tawang Jaya AC rencananya Rp 100.000 lebih mahal dibanding non-AC seharga Rp 33 ribu. "Ada selisih tapi pelayanan kami tingkatkan," katanya. (H74/jbsm/14)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous