Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Melesat, Penjualan Mobil Akhir Tahun

PAMERAN MOBIL:  Beberapa merek mobil di pameran ‘Semarang Motor Show 2012’
di Java Mall Semarang, kemarin. 

SEMARANG- Permintaan otomotif menjelang akhir tahun 2012 diperkirakan terus melesat. Sejumlah Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) pun mengikuti serangkaian pameran untuk mendongkrak penjualan di akhir tahun. 

Sekitar 15 merek kendaraan beradu pada pameran Semarang Motor Show 2012 di Java Mall Semarang, kemarin. Sebut saja, KIA, Volkswagen, Honda, Suzuki, Audi, Mitsubishi, Mazda, Toyota dan Mercy. Sementara untuk kendaraan roda dua yaitu KTM, Piagio, Yamaha, Honda, Suzuki dan Kawasaki. Selain itu beragam aksesoris seperi ban dan audio variasi juga dipamerkan. 

Project Officer MICE selaku penyelenggara, Agus Hermawan menuturkan, sebagian besar ATPM memacu penjualannya di akhir tahun ini.  Ia optimistis penjualan kendaraan bakal meningkat. ''Akhir tahun biasanya menjadi momen yang pas untuk membeli mobil dan motor. Apalagi, beberapa dealer menyertakan koleksi terbarunya ditambah potongan harga untuk menarik minat konsumen,'' ungkapnya, Selasa (6/11). 

Menurutnya, penjualan akhir tahun selalu lebih tinggi karena alokasi budget dari konsumen sudah agak longgar dibandingkan awal tahun. Pameran kali ini, Agus menargetkan penjualan lebih tinggi dibanding pameran sebelumnya yaitu terjual sebanyak 160 unit untuk mobil dan 120 unit untuk motor. ''Kami perkirakan transaksi selama pameran bisa menembus sampai Rp 60 miliar dibanding sebelumnya hanya Rp 40 miliar,'' katanya. 

Pada pameran itu, beberapa ATPM menyertakan koleksi terbarunya dengan harga mobil relatif terjangkau di kelas city car (mobil mungil). Pasar mobil jenis ini pun semakin bergairah, ditandai dengan angka penjualan yang terus merangkak. ''Saat ini konsumen lebih memilih mobil dengan dimensi lebih kecil agar mudah melibas jalanan macet di Semarang. Selain harganya yang relatif murah, mobil city car ini dikenal hemat bahan bakar karena kapasitas mesinnya lebih kecil dibanding mobil jenis lainnya. Ngapain pakai mobil boros kalau sudah ada yang lebih irit,'' ujar Liem Iwan Siswanto, Kepala Cabang PT KIA Mobil Indonesia (KMI) Wilayah Semarang. 

Melalui produk All New Picanto diyakini KIA mampu menjadi market leader di kelas city car Semarang. Dari penjualan Mobil KIA secara nasional, sebanyak 65% berasal dari penjualan mobil kelas city car-nya yaitu All New Picanto. Sisanya, All New Rio, Sportage, Travelo dan Pride. Akhir tahun ini Liem mematok target penjualan All New Picanto sebanyak 400 unit di wilayah Semarang. Sedang selama pameran ini, pihaknya menargetkan terjual 20 unit. ''Sekarang penjualan sudah 80% dari target yang telah ditetapkan. Kami optimistis akan tercapai. Bahkan bisa melebihi target akhir tahun,'' harap Liem. 

Sementara Honda Semarang Center melalui produk barunya Honda Brio siap memanaskan persaingan di segmen city car. Honda menargetkan penjualan 80 unit per bulan dari total market city car di Jateng dan DIY sebesar 4%. 
Sales and After Sales Director Honda Semarang Center Sumantri menuturkan, city car menjadi pilihan konsumen Indonesia karena irit, kompak, praktis, dan sangat sesuai untuk digunakan sehari-hari.

"Rata-rata per bulan mobil segmen city car untuk semua merek mampu terjual 189 unit. Kami mengincar 37% atau 80 unit per bulan. Target hingga akhir semester kedua, sebanyak 824 unit dapat terjual," terangnya. (K14-jbsm/18 )

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous