Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Waspadai Penyakit Musiman di Musim Hujan

MUSIM hujan tak hanya sekadar menaikkan risiko bencana banjir, tetapi juga 'bencana' bagi kesehatan Anda.

Memasuki bulan musim hujan, waspadai penyakit musiman. Tak hanya influenza, diare dan infeksi saluran nafas saja yang perlu diwaspadai. Tetapi beberapa penyakit lainnya, yang sebelumnya tidak diduga. Jadi persiapkan sistem imun Anda.

Kolera. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri vibrio cholerae ini, ditularkan melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Penyakit ini menyebabkan diare, dehidrasi kronis dan muntah.

Pada musim hujan, sumber air bersih sangat sulit ditemukan. Karena itulah, usahakan meminum dari sumber air yang aman dan bersih. Cuci dan masak makanan dengan benar, mencuci tangan dengan sabun setelah menggunakan toilet dan sebelum dan sesudah makan.

Dengue. Waspadai serangan nyamuk Aedes aegypti yang dapat menyebabkan penyakit demam berdarah dengue. Jentik nyamuk dapat berkembang di genangan air, seperti di vas bunga atau di tempat-tempat lain yang bisa menampung air.

Leptospirosis. Bakteri leptospira dari kotoran tikus menjadi penyebabnya. Bakteri ini bisa masuk melalui luka ketika kontak dengan air banjir atau tanah lembab (becek) yang terkontaminasi dengan urin hewan yang terinfeksi.

Jika Anda mengalami demam, nyeri otot, sakit kepala, urin berwarna gelap, semua itu bisa menjadi gejalanya. Gangguan dapat timbul tergantung manifestasi pada organ tubuh yang timbul, seperti gangguan pada selaput otak, hati, mata atau ginjal. (yh/yul)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]