Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Cara Menekan Golput di Kabupaten Semarang

H Agoes Hasto Oetomo, Ketua KPU Kabupaten Semarang. HARSEM/HERU SANTOSO
UNGARAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Semarang dalam mengakomodasi para pemilih yang hingga kini belum masuk dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pileg 2014 akan melakukan pendataan dan masuk dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Hal itu dilakukan agar dapat menekan angka golongan putih atau golput. Demikian diungkapkan Ketua KPU Kabupaten Semarang, H Agoes Hasto Oetomo, kemarin. Menurutnya, jumlah DPS Pileg Kabupaten Semarang sebanyak 748.565, dari jumlah tersebut jika memang ada yang belum masuk DPS atau DPT maka akan diakomodasi melalui DPK. Terkait dengan nama yang masuk dalam DPK akan menggunakan hak pilihnya atau tidak, itu menjadi urusan masing-masing pemilih.

“Pada intinya, KPU telah melangkah melakukan pendataan terkait yang belum masuk dalam DPS maupun DPT. Dan akan masuk dalam DPK. Untuk masalah mau mencoblos ataukah tidak, menjadi tanggungjawan dari masing-masing pemilih tersebut,” kata Agoes Hasto, usai melakukan Sosialisasi dan Implementasi Peraturan Pemutahiran Daftar Pemilih Pileg 2014, Senin (15/7) petang kemarin.

Ditambahkan, diakuinya jika dalam Pilgub Jateng 2013 itu belum seluruh warga pemilih masuk dalam DPT. Sebagai contohnya, para tahanan tahanan kepolisian yang menghuni sel di Polres dan Polsek. Data tersebut dikatakannya terlewatkan didata, dari sini akan ada evaluasi serta akan dilakukan pendataan ulang.

Terkait dengan masalah 'golput' dalam Pileg 2014, Agoes Hasto menegaskan bahwa pihaknya merasa optimis tingkat golput akan mengalami penurunan. Hal ini menyangkut para caleg akan siap bertarung serta melakukan sosialisasi hingga pelosok wilayah dapinya masing-masing. Langkah tersebut untuk menjaring pemilih agar mendukung para caleg.

"Saya merasa optimis dalam Pileg 2014 mendatang, tingkat golput di kabupaten ini akan mengalami penurunan. Hal ini terkait dengan banyaknya calon dan sangat jauh beda dengan Pilgub Jateng 2013 yang telah berlangsung bulan Juni lalu,” terangnya.

Bersamaan dengan kegiatan ini, KPU Kabupaten Semarang menyerahkan berkas dan softcopy DPS Pileg 2014 kepada perwakilan partai politik (parpol) serta kepada Panwaslu dan Dispendukcapil Kabupaten Semarang. (hes/rif)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]