Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Kedai Walet, Berkhasiat Harga Terjangkau

Sarang burung walet dipercaya memiliki banyak sekali khasiat bagi kesehatan, diantaranya adalah sebagai obat penyakit pernafasan menambah kebugaran tubuh. Namun mahalnya harga sarang burung walet membuat orang tidak tertarik karena harga sarang walet yang mahal. Tapi jangan khawatir, di Kendal sajian minuman serba sarang walet dapat dinikmati dengan harga terjangkau.

Minuman sarang burung walet yang berkhasiat ini, dipadukan dengan minuman hangat maupun dingin. Di Kedai Sarang Walet di Jalan Ar Rahman Weleri Kendal , sarang walet disajikan bersama kopi, teh hingga minuman dingin.

Ada sekitar 15 menu sajian sarang wallet, seperti kopi wallet, kopi tarik wallet, teh wallet, kopi Vietnam dril walet hingga es buah walet. Meski berbahan sarang wallet, pengunjung jangan khawatir akan membayar mahal. Harga sajian serba walet ini dapat dinikmati antara Rp 8000 hingga Rp 15 ribu saja.

Bagi penikmat kopi, sajian kopi walet terasa berbeda dengan kopi biasa. Ada rasa hangat dan tidak terasa pahit karena campuran sarang burung walet. Rempah-rempah seperti jahe dan sere juga terasa kental, sehingga menghilangkan bau amis dari sarang burung wallet.

“Rasanya tidak terlalu pahit dan hangat, ada rasa berbeda dibandingkan dengan kopi biasa. Harganya juga tidak terlalu mahal, untuk kopi dengan khasiat sarang burung wallet,” ujar Prahayuda, penikmati kopi warga Semarang.

Bagi pemilik kedai sarang wallet, Arif Budiman, Indonesia sebagai produsen terbesar sarang walet tidak menikmati khasiatnya karena banyak di ekspor ke Cina. Padahal khasiat sarang wallet, baik bagi kesehatan dan bisa dinikmati dengan harga murah.

Sarang burung walet yang digunakan untuk campuran berbagai minuman, diakui Arif berasal dari potongan sarang walet rontok usai dipilah-pilah. Sisa sarang walet inilah, yang dicampur dengan rempah-rempah seperti jahe, sere dan kayu manis sebagai bahan campuran minuman seperti kopi, teh dan es buah.

Meski hanya potongan atau sisa sarang burung walet, namun khasiat yang terkandung sama dengan sarang walet yang diekspor ke Cina. Sarang burung walet sendiri diambil dari penangkaran miliknya, sedangkan kopi yang menjadi bahan utama diambil dari kopi Toraja.

“Disini ada kopi walet , dari campuran dengan ramuan sarang walet diseduh dengan air panas. Ada juga kopi vietnam drip yaitu penyajian kopi ala vietnam dengan alat sederhana namun eksklusif, cairan kopi menetes perlahan ke dalam gelas. kopi yang anda minum telah tersaring secara unik,” jelas Arif.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada sarang burung walet di antaranya adalah protein cukup tinggi serta kandungan mineral lainnya seperti kalsium, kalium, fosfor, nitrogen dan natrium. Berdasarkan pengobatan Cina, sarang walet juga dapat menstimulasi pertumbuhan sel sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan penyakit serta suplemen makanan untuk tubuh agar selalu nampak segar dan awet muda.

Dikatakan Arif, untuk potongan atau sisa sarang walet dijual Rp 2 Juta perkilogram, sedangkan sarang walet yang bagus dijual hingga Rp 8 juta perkilogramnya. Kedai sarang walet ini sendiri menurutnya pertama di Indonesia dengan harga terjangkau. Omset perhari dari kedai sarang walet ini cukup besar, Arif mengaku meraup omset hingga Rp 2 juta setiap hari dari usaha kedai sarang walet ini. (bk/03/hst)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]