Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Operator Seluler Antisipasi Lonjakan Trafik

SM/Fista Novianti
Manajer PT XL Axiata mengecek kesiapan jaringan, kemarin.
SEMARANG- Menghadapi lonjakan trafik selama Lebaran, sejumlah operator seluler melakukan antisipasi dengan modernisasi jaringan.

PT XL Axiata Tbk misalnya, melakukan modernisasi perangkat lama menjadi perangkat baru. Utamanya di jalur pantura yang kerap dilalui pemudik. GM Sales XL Central Java-DIY, Deddy Fahmi Priautama menuturkan, seluruh program dan layanan menjelang Lebaran tahun ini XL didukung oleh jaringan yang telah dimodernisasi. Hal ini untuk memaksimalkan penggunaannya saat pra maupun pasca-Lebaran. "Diperkirakan pada H-4 hingga H+3 Lebaran akan terjadi lonjakan trafik hingga 20-30% dari trafik normal," katanya usai pemberian donasi kepada Ponpes Nur Hidayah di Hotel Novotel Semarang, Rabu (31/7).

Saat ini XL sehari-hari melayani trafik percapakan hingga 600 juta menit. Sementara untuk trafik SMS mencapai 750 juta SMS dan trafik data sebesar 185 terabytes. Menurut Deddy, berdasar pengalaman Lebaran tahun lalu pelanggan XL lebih banyak memanfaatkan layanan SMS dibanding suara dan data. Bahkan, kontribusi layanan SMS bisa mencapai 60% dari seluruh layanan yang ada.

Deddy menambahkan, jumlah Base Transceiver Station (BTS) di Jateng-DIY mencapai 1.800 BTS dengan teknologi 2G dan 750 BTS 3G. Jaringan XL telah didukung teknologi yang canggih. Antara lain MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional. "Dengan sistem pool ini, jaringan XL akan terlindung dari lonjakan trafik pada satu lokasi tertentu. Karena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik," katanya.

Tercatat, jumlah pelanggan XL di wilayah Jateng sebanyak 4,5 juta pelanggan. Pelanggan terbanyak berada di Tegal dan Semarang sekitarnya. Adapun selama Lebaran nanti, kata dia, lonjakan trafik justru berada di area pinggiran dan bukan kota-kota besar.
Posko ditempatkan di sejumlah titik beroperasi mulai 4-7 Agustus mendatang. Kemudian dilanjutkan 10-12 Agustus pada pukul 07.00-24.00.
Menghadapi Lebaran, kapasitas trafik suara PT Indosat Tbk juga dinaikkan menjadi 1.080 juta menit per hari atau naik 20% dari kapasitas normal. Demikian pula dengan kapasitas data yang ditingkatkan hingga 25% menjadi 150 terabyte per hari.

Division Head Internal Quality Indosat, Jeremiah Ratadhi mengatakan, peningkatan kapasitas paling besar dilakukan untuk kanal SMS. Jika pada hari normal kapasitas jaringan sebanyak 900 juta SMS per hari, kini menjadi 1,45 miliar SMS per hari.

"Khususnya di Jateng dan Yogya, kami perkirakan lonjakan trafik akan terjadi pesat. Sebab 15% dari 55,9 juta pelanggan Indosat akan masuk di wilayah ini saat musim Lebaran nanti," katanya. (SMNetwork-K14/yul )
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]