Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Kemenangan Kebaikan Melawan Kejahatan *Hari Raya Galungan


Umat Hindu berdoa merayakan hari raya Galungan di Pura Agung Girinatha, Jalan Sumbing, Rabu (23/10) malam.
Kemenangan dharma (kebaikan) atas adharma (kejahatan) dirayakan dalam Hari Raya Galungan oleh umat Hindu yang khusyuk berdoa di Pura Agung Girinatha, Jalan Sumbing, Rabu (23/10) malam.

Ritual perayaan Hari Raya Galungan dipimpin oleh I Nyoman Wedu yang diikuti ribuan umat Hindu baik dari Semarang maupun warga dari Bali. Upacara yang dirayakan setiap enam bulan sekali itu dilaksanakan penuh dengan khidmat. Meski sempat gerimis, umat tetap menjalankan ritual hingga selesai.

Umat yang mengenakan pakaian adat, berdestar dan berkain panjang berdatangan dengan memerciki air suci, kemudian memetik bunga Sekar yang akan dipakai dalam prosesi doa. Sambil menghantar sesajian berisi buah-buahan dan makanan, mantra-mantra suci dipanjatkan selama kurang lebih satu jam. Seusai upacara, umat dihibur dengan penampilan dari Sanggar Seni Puspa Giri. Selain itu umat juga bisa menikmati jajanan khas Bali yakni jajan kunti.

Humas Pura Girinatha, Anak Agung Ketut Darmaja mengatakan, pada hari raya Galungan ini, umat Hindu memaknai sebagai kemenangan dharma sebagai proses spiritualitas."Secara tekstual, untuk mengingatkan akan kemenangan dharma agar spiritualitas saling bersinambungan dengan kebenaran untuk melawan ketidakadilan dan ketidakjujuran," jelasnya.

Perayaan itu, imbuhnya, juga turut sebagai ungkapan rasa syukur kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa atau Tuhan atas terciptanya dunia beserta isinya. "Diharapkan kemenangan ini agar dimaknai untuk kembali menata diri serta menggali kedamaian dan harmoni terhadap alam semesta," ujarnya.

Salah satu umat, Trisnayanti (21), Galungan merupakan hari yang bermakna baginya. Ia datang bersama saudaranya Trisnayani (22) yang asli Bali untuk mengikuti upacara yang kali pertama baginya diluar Bali. "Datang bersama keluarga atau sanak keluarga menjadi makna tersendiri untuk merasakan sujud syukur agar diberi berkah," ujar mahasiswi Stikes Widya Husada. (SMNetwork/K16/hst)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous