Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

*Hari Minggu, Pendapatan Berlipat Ratusan Pengunjung Padati Bonbin Mangkang

PADA hari libur, seperti hari Minggu, kebon binatang Mangkang mengalami kenaikan pengunjung yang berdampak pula pada kenaikan pendapatan. Pengunjung yang datang ke bonbin hari biasa mencapai sekitar 100 orang, tapi di hari Minggu bisa mencapai 300 orang lebih.
 
Biasanya, sekitar pukul 09.00, rombongan pengunjung mulai berdatangan. Mereka kebanyakan  berasal dari Semarang, Kendal, Pekalongan dan Demak. Biasanya pengunjung yang datang dari kalangan anak-anak sekolah, mahasiswa, dan rombongan keluarga.
 
Harga tiket sendiri sangat murah, yakni Rp 5.000 per orang. Pengunjung dapat menikmati sepuasnya hiburan-hiburan yang ditawarkan oleh pengelola setempat. Selain itu jumlah wahana permainannya sangat banyak, seperti bianglala, kereta mini, perahu, bebek air dan kolam renang. Koleksi satwa juga sangat beragam, ada orang utan, harimau, buaya, gajah, burung, dan binatang lainnya.    
 
Menurut Kepala UPDT Taman Marga Satwa Semarang, Kusyanto, di bonbin ini sejak 3 tahun lalu mengalami kenaikan pengunjung di hari-hari libur, dikarenakan adanya penambahan koleksi satwa, di mana satwa-satwa induknya banyak yang melahirkan anak. “Dengan banyaknya pengunjung di hari Minggu, kita mengalami kenaikan pendapatan sebulannya Rp 750 juta,” katanya, Minggu (27/10)
Selama ini, untuk mengelola ratusan satwa yang menempati lahan 10 hektare dilakukan oleh 43 petugas, 27 orang berstatus PNS, sisanya honorer. Untuk menjaga kesehatan satwa sendiri disediakan 2 tim dokter hewan dan 3 tenaga medis.
 
“Bonbin mangkang juga memperlakukan hewan-hewan tersebut dengan standar konservasi. Selama setahun anggaran untuk memberi makan 350 ekor satwa itu sebanyak Rp 600 juta. Waktu memberi makan aneka satwa itu beragam, ada yang sehari dua kali, seminggu sekali, bahkan ada yang tiga minggu sekali, “ tandasnya.
 
Salah satu pengunjung bonbin, Sapto yang berasal dari Gayamsari mengatakan, sekarang bonbin Mangkang sudah banyak perubahan sejak 3 tahun yang lalu, dari penambahan insfrastruktur, penambahan wahana bermain dan penambahan koleksi satwa.
“Wisata dibonbin ini harganya murah, dekat dengan rumah, serta banyak sekali taman dan pedagang menjual minuman dan makanan. Sebulan sekali saya selalu berusaha mengajak keluarga kesini,“ imbuhnya (Zak/sae).

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]