Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Soal Laporan Dana Kampanye, Partai Hanura Kosong PAN Belum Menumpuk

Petugas KPU Demak merekap laporan anggaran kampanye dari beberapa partai politik. (HARSEM/SUKMAWIJAYA)
Demak-Hari ini KPU Demak Jawa Tengah, menyatakan batas akhir penyampaian laporan penerimaan dana kampanye partai. Dari 12 partai politik (parpol) peserta Pemilu 2014, hanya Partai Amanat Nasional (PAN) belum mengumpulkan.

Terhitung pada pukul 16.00, KPU Demak telah menutup batas pengumpulan laporan dana kampanye. Dari hasil rekap, menunjukan hanya partai PAN dinyatakan belum mengumpulkan laporan penerimaan dana kampanye partai.

“Seharusnya PAN sudah menumpuk laporan, kemungkinan ada kendala internal, hingga laporan itu urung disampaikan ke KPU,” pungkas Divisi Kampanye dan Perhitungan Surat Suara pada KPU Demak, Jessi Tri Joeni, Jumat (27/12)

Dalam rekap juga terdapat partai yang tidak memiliki anggaran kampanye alias kosong, yakni Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Pihaknya belum bisa menjelaskan, kenapa Hanura tidak menyertakan dana kampanye partai, ketika menumpuk laporannya.

Selain kedua partai bermasalah, sebanyak 10 partai lain telah memenuhi laporan dana kampanye, meliputi Partai Demokrat sebanyak Rp 528,729 juta. Dana kampanye Partai Golkar Rp 25 juta, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Rp 81,620 juta, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Rp 206,920 juta.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) memiliki anggaran Rp 95 juta, Partai Bulan Bintang (PBB) Rp 38,370 juta, serta Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) sebesar Rp 78,250 juta.

Laporan dana kampanye juga disampaikan oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sebesar Rp776,353 juta, selanjutnya Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Rp 69 juta 750, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Rp 80,462 juta.

Lanjut Jessi, laporan dana kampanye merupakan penerimaan dana dari partai dan calon legeslatif (caleg). Hanya partai PBB yang menambahkan penerimaan dana dari luar partai (perorangan) senilai Rp 2 juta.

Tujuan laporan dana kampanye ini, sekaligus memberikan spirit transparansi secara umum, yang akan diumumkan pada 1 Januari 2014, sehingga masyarakat dapat menilai parpol yang didukungnya selama ini.

Sesuai dengan instruksi KPU RI, ada perpanjangan untuk penyampaian laporan dana kampanye ini selama dua hari kedepan, yaitu sampai Minggu (29/12). Bila terdapat parpol yang tidak bisa menumpuk laporan tahap pertama (11 Januari-27 Desember 2013), partai terkait dapat menyampaikan laporannya pada tahap kedua, yaitu tanggal 28 Desember 2013 - 3 Maret 2014, dengan laporan yang tertib disertai dengan bukti pembayaran. (swi)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]