Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Jalan Raya Bumiharjo-Trimulyo, Mathol

Karena turun hujan, jalan Bumiharjo-Trimulyo menjadi becek dan mathol. (HARSEM/SUKMAWIJAYA)


Demak-Di musim penghujan ini, jalan raya Bumiharjo-Trimulyo di Kecamatan Guntur mmathol dan berlumpur. Tekstur jalan dari tanah dan padas, banyak tergenangi air, sehingga sangat licin ketika dilintasi.

“Kalau kemarau kondisi jalan kering, namun saat penghujan jalan menjadi mathol dan licin,” aku M Basuki (34) warga Desa Tri Mulyo Kecamatan Guntur. Pekerja serabutan ini, kerap melintasi jalan tersebut, menuju Semarang.

Dia harus melipat celana panjangnya sampai ke lutut, menghindari pakaiannya dari percikan lumpur. Selanjutnya, mencari jalan kampung yang sudah betonisiasi untuk mempercepat perjalanan.

Terpisah, Kepala Desa Bumiharjo Kecamatan Guntur, H Abdul Rohman membenarkan banyak warga Trimulyo atau Desa Tlogorejo Kecamatan Guntur melintasi jalan kampung di desanya.

“Setelah turun hujan, banyak warga desa lain melintas di jalan kampung desa kami, menghindari jalan raya Bumiharjo-Trimulyo yang mathol dan berlumpur itu,” jelasnya.

Memang, lanjutnya, pihak desa sudah berswadaya menambal lombang jalan dengan padas, namun upaya tersebut tidak bisa maksimal. Kondisi tanah jalan yang labil, menjadikan padas cepat hilang dan berlumpur, ketika turun hujan.

Mewakili warga di tiga desa, Abdul Rohman meminta pemerintah segera memperbaiki jalan utama ini. Sekitar 2,4 kilometer merupakan jalan rusak, terbagi di wilayah Desa Bumiharjo sepanjang 400 meter yang rusak, di Desa Tlogorejo (800 meter), dan di Desa Trimulyo (satu kilometer).

Ditemui, Ketua Komisi C DPRD Demak, H S Fahrudin Bisri Slamet, mengatakan dalam pembahasan RAPBD 2014, pihaknya sudah memasukan perbaikan jalan di wilayah tersebut.  “Sesuai dengan konsep pembangunan jalan di Demak, jalan raya Bumiharjo-Trimulyo akan di bangun dengan konstruksi jalan beton bertulang,” ungkapnya.

DPRD sudah mengetahui jalan utama itu merupakan akses perekonomian, tidak sedikit hasil bumi dan warga masyarakat mengakses jalan tersebut. Dan dewan sudah sepakat dengan Pemkab akan mewujudkan semua jalan baik pada tahun 2014.

Seluruh jalan kabupaten sudah baik dengan konstruksi beton bertulang dan hotmix, sebagian yaitu sepanjang 160 kilometer yang rusak, akan diperbaiki seluruhnya pada tahun ini, dari anggaran APBD serta APBD Perubahan nanti. (swi)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

1 comment :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]