Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Kodim Demak Gelar Pengamanan Prajurit patangpuluhan


DEMAK – Anggota Siaga Kodim 0716/Demak melaksanakan pengamana bersama jajaran aparat keamanan kabupaten Demak dan ribuan masyarakat memadati kawasan makam Sunan Kalijaga, Kadilangu, Demak, Jawa Tengah, Senin (12-09-2016). Warga larut dalam antusias untuk menyambut upacara penjamasan pusaka peninggalan Sunan Kalijaga yakni Keris Kyai Crubug dan Kutang Ontokusumo.

Dandim 0716/Demak, Letkol Inf Nanang T.T Wibisono S.A.P bersama Bupati Demak Bapak HM Natsir dan sejumlah Forkopimda serta pejabat Pemda kab demak hadir dalam acara tersebut dengan menggunakan kendaraan Andong dan dikawal oleh prajurit patangpuluhan (40an).

Dalam sejarah prajurit patangpuluhan merupakan prajurit khusus andalan Kesultanan Demak yang berjumlah hanya 40 prajurit.

Setiap satu tahun sekali tepatnya 10 Dzulhijjah (Idul Adha), tradisi yang digelar oleh trah Sunan Kalijaga ini rutin dilaksanakan. Usai sholat Idul Adha, satu per satu warga mulai berdatangan ke lokasi untuk menyaksikan prosesi ritual penjamasan. Rutinitas ini memang telah berlangsung turun temurun sejak ratusan tahun silam.

Selanjutnya sekira Pukul 09.10 wib rombongan Bupat Demak tiba bersamaan dg R Rahmat dan rombongan LAK / Yayasan kadilangu dimakam Kadilangu, selanjutnya melaksanakan Tahlil dan berdoa bersama yg dipimpin K Khasan.

Selesai tahlil dan doa kemudian fihak Panembahan (LAK) dan Forkopimda masuk kemakam KS Kalijaga untuk menjamas pusaka peninggalan KS Kalijaga.Kegiatan menjamas selesai pukul 10.30 wib kemudian rombongan Bupati Demak dan Fihak Panembahan (LAK) meninggalkan makam KS Kalijaga pulang ke pendopo Kab Demak dan gedong Pangeran P Wijil 5.

Sekira Pukul 11.00 wib sesepuh Kadilangu R Sujono dan rombongan Kasepuhan tiba dimakam KS Kalijaga yg dihadiri utusan dari Keraton Surakarta Hadiningrat KRA Panji untuk melaksanakan Tahlil dan do’a yg dipimpin Modin Wahid.Selesai tahlil dan doa Sesepuh R Sujono  dan kerabat Kasepuhan serta utusan dari Keraton Surakarta  masuk kemakam untuk menjamas pusaka peninggalan KS Kalijaga Kadilangu. Kegiatan selesai pukul 12.00 wib.

Dengan telah selesainya rangkaian kegiatan Penjamasan pusaka kyai cubruk dan kotang ontokusumo peninggalan sunan kalijaga dan masing masing pihak penjamas telah kembali pulang ke tempatnya masing masing maka para warga masyarakat yang menyaksikan rangkaian kegiatan adat dari sepanjang jalan pendopo kabupaten hingga depan makam kadilangu mulai membubarkan diri dengan tertib karena rangkaian acara adat penjamasan pusaka telah selesai.(Pendim 0716/Demak)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous