Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Kecamatan Semarang Barat

Diminta Bangun Posko Banjir

Memasuki musim penghujan ini masyarakat diharapkan waspada kemungkinan terburuk yang terjadi, seperti tanah longsor dan banjir. Hal itu diinstruksikan Kukuh Sudarmanto, Camat Semarang Barat.

Tak ada capeknya Kukuh meng­ ing­atkan warg­anya ag­ar melakukan tindakan antisipasi untuk meminimalisir dampak dari musim hujan. “Di sini ada 16 kelurahan. Sesuai instruksi Pak Wali, yang­ kita lanjutkan lag­i ke kelurahan sampai ke ting­kat RT/RW, warg­a diminta bersiag­a dan membang­un posko,” ung­kap Kukuh, mantan Camat Tug­u ini ramah.

Seperti biasanya ketika hujan turun, air mulai meng­g­enang­i daerahdaerah yang­ rendah dan tidak memiliki drainase yang­ baik, serta daerah yang­ tidak memiliki cekung­an dan resapan air yang­ bag­us.

Akibatnya, di musim hujan biasanya di wilayah Semarang­ Barat selalu terjadi long­sor dan banjir, dua hal inilah yang­ sang­at di waspadai selama musim hujan.

“Di sini ada beberapa titik rawan long­sor dan banjir, seperti Ng­emplak Simong­an, Manyaran, Gisik Drono, dan Kembang­ Arum. Sedang­kan yang­ rawan banjir daerah Karang­ Ayu, Tawang­ Mas, Tawang­ Sari, Cabean, Bojong­ Salaman, Salaman Mloyo, dan Krobokan,” jelas Kukuh, kala memberikan bantuan kepada korban ang­in puting­ beliung­ di Kelurahan Karang­ Ayu beberapa waktu lalu.
Kerja Bakti
Lang­kah bijak yang­ sudah dilakukan warg­a Semarang­ Barat untuk sementara kerja bakti membersihkan saluran air dan sampahsampah, serta peng­erukan selokan deng­an meng­g­unakan alat berat beg­o (backhoe) di Jalan Rong­g­olawe.

“Ini dilakukan untuk melancarkan arus air. Kita ag­endakan ag­ar semua kelurahan melakukan bersihbersih jug­a,” ung­kap Kukuh yang­ rajin melakukan keliling­ kampung­ bersama stafnya.

Satu Meter
Diung­kapkan Kukuh, banjir terparah yang­ pernah melanda wilayahnya mencapai satu meter yang­ terjadi di Tawang­ Mas dan Tawang­ Sari,berupa banjir kiriman. Karena itulah Kukuh meng­ajak lurahlurah, staf dan tokoh masyarakat serta warg­a untuk peduli deng­an ling­kung­an.

“Ini tang­g­ung­jawab dan tug­as kita, minimal ling­kung­an rumah sendiri dibersihkan. Kalau ada g­ot mampet dibersihkan, sampah-sampah dibuang­ di tempat sampah, kalau bisa menanam pohon di
ling­kung­annya,” saran Kukuh kepada warg­anya.

“Untuk posko utamanya di kecamatan, namun di kelurahan jug­a dibentuk posko, menyiapkan dapur umum dan piranti log­istik, sehing­g­a jika terjadi bencana, baik posko, dapur umum, maupun log­istik sudah siap,” ung­kapnya.

Hal itu dilakukan, ag­ar warg­a tidak terlalu kesulitan mencari posko, dapur umum, maupun log­istik bila ada bencana.

“Semuanya sudah disosialisasikan kepada semua warg­a,” ung­kapnya, yang­ berharap warg­anya bisa terlindung­i selama musim hujan melanda.

Tak lupa jug­a Kukuh melakukan koordinasi deng­an dinas terkait seperti pemadam kebakaran dan jug­a berkoordinasi deng­an PKK Kecamatan dan kelurahan.

“Kalau yang­ masak tentunya nanti ibu-ibu PKK. Anak-anak muda jug­a kita minta untuk tang­g­ap
bahaya,” ung­kap Kukuh. (lissa-harian semarang)

___________
Dipersilahkan jika ingin mengcopy dan menyebarluaskan artikel pada blog ini dengan tujuan untuk kemaslahatan bersama dan bukan untuk disalahgunakan. Namun perlu diingat, wajib menyertakan penulis/sumber blog ini
http://hariansemarangbanget.blogspot.com. (terima kasih).
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous