Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Kelurahan Purwodinatan

MCK Plus Terbaik di Indonesia

Kelurahan Purwodinatan merupakan kelurahan paling utara di wilayah Kecamatan Semarang Tengah. Kondisi ini membuat Purwodinatan sangat rawan dengan rob dan banjir. Bahkan sejak tiga
tahun yang lalu, bisa dikatakan hampir setiap hari wilayah ini terkena rob. Wilayah yang paling parah terkena dampak rob RW 01 dan 02.

Hal inilah yang kemudian berusaha diatasi Eddy Prasetyo, Lurah Purwodinatan. Menjabat lurah
sejak tahun 2000, Eddy berusaha keras menangani masalah itu.

“Awalnya kami melakukan pembenahan dengan dana bantuan dari pemkot. Namun karena tidak kunjung selesai, masyarakat serta merta melanjutkan pekerjaan dengan swadaya,” kata Eddy.

Eddy menambahkan, satusatunya solusi untuk jangka pendek ini memang peninggian kampung. “Namun sebenarnya, peninggian bukanlah solusi. Karena pada akhirnya kondisi tersebut hanya memindahkan masalah,” tukas Eddy.

Swadaya masyarakat yang dijalankan di wilayah RW 01 dan 02 memang berhasil. Beberapa wilayah telah ditinggikan antara 30 cm hingga 1 meter. Namun dampaknya genangan rob berpindah tempat ke sepanjang jalan di depan kantor kelurahan.

MCK Terbaik
Dia sempat dipusingkan dengan pola hidup masyarakat, yang melaksanakan kegiatan MCK di sungai. “Untuk mengatasi hal tersebut, saya berusaha mengubah pola sikap hidup masyarakat. Setelah melalui berbagai pertimbangan dan usulan, akhirnya kami mengajukan permohonan ke pemkot untuk pengadaan MCK umum,” ungkapnya.

Alhamdulillah, permohonan itu diterima. Kebetulan pada saat itu ada LSM dari Jerman yang turut membantu. Akhirnya jadilah MCK Plus yang terdapat di RW 03. Sejak saat itu warga tidak lagi melakukan kegiatan MCK di sungai yang jelas tidak baik untuk kesehatan.

Eddy menambahkan, MCK milik RW 03 ini merupakan salah satu MCK yang berhasil dikelola dengan baik. Bahkan yang terbaik seIndonesia. Yang lebih menggembirakan, MCK ini sudah banyak membantu kegiatan masyarakat di wilayah RW tersebut.

Kepadatan penduduk di Kelurahan Purwodinatan tergolong tinggi. Kelurahan ini memiliki luas 42,9 hektar dan dihuni 1.003 kepala keluarga. Dari 6 RW yang ada, RW 01 dan 02 yang kepadatan penduduknya paling tinggi.

Namun Eddy menyatakan, segala permasalahan di wilayah tersebut telah bisa diselesaikan dengan baik.

“Harapan kami, setelah pembangunan Waduk Jatibarang dan normalisasi sungai selesai dikerjakan, wilayah kami tidak lagi terganggu oleh rob maupun banjir,” tutur lurah kelahiran Ngawi itu. (dayat-harian semarang)

___________
Dipersilahkan jika ingin mengcopy dan menyebarluaskan artikel pada blog ini dengan tujuan untuk kemaslahatan bersama dan bukan untuk disalahgunakan. Namun perlu diingat, wajib menyertakan penulis/sumber blog ini
http://hariansemarangbanget.blogspot.com. (terima kasih).
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous