Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Kembangkan Perekonomian Desa

Lewat Simpan-Pinjam dan Koperasi Wanita

TUGU-Pemerintah terus berusaha menumbuhkembangkan Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP) untuk memberikan pelayanan permodalan kepada masyarakat yang membutuhkan dengan persyaratan mudah, ringan dan cepat.

Program ini dipandang sebagai salah satu jurus ampuh penanggulangan kemiskinan. Beberapa waktu lalu, Bapermas Kota Semarang menggelar sosialisasi UED-SP di aula Kecamatan Tugu yang dihadiri pengurus kelurahan, warga dan kasi kesos masing-masing kelurahan.

Menurut Camat Tugu Bambang Kunhantiyo, dengan adanya program UED-SP di wilayahnya, diharapkan mampu mendongkrak kesejahteraan dan perekonomian masyarakat. Selain itu bantuan tersebut sebagai upaya pemerintah memberdayakan masyarakat miskin untuk mengurangi jumlah penduduk miskin di pedesaan.

“Masyarakat mendapatkan bantuan dari Bapermas Rp 10 juta, dalam bentuk simpan-pinjam bergulir. Bantuan ini sebisa mungkin dikelola dengan baik agar bisa digulirkan lagi ke warga lainnya. Sebelumnya pada tahun 2009, Kelurahan Jrakah juga pernah menerima bantuan UED-SP ini, sekarang disosialisasikan lagi,” ujar Bambang.

Program ini diterapkan pada kelompok masyarakat miskin, yang nantinya diharapkan bisa mandiri setelah diberi bantuan. “Apalagi bantuan yang diberikan ini sifatnya hibah. Masyarakat diharapkan bisa mandiri dalam menjalankan usahanya, tidak semata-mata menanti bantuan pemerintah saja,” ujar bapak tiga anak ini.

Dana Hibah
Selain itu, Pemkot Semarang juga akan memberikan dana hibah untuk 16 calon koperasi wanita (kopwan) yang tersebar di setiap kecamatan yang ada di kota Atlas itu. SK Pengesahan Akta Pendirian Badan Hukum koperasi tersebut, belum lama ini diserahkan pada para pengelolanya di Balaikota Semarang. Sedangkan pencairan dana dijanjikan akan dilakukan usai pilwakot.

Walikota Semarang Sukawi Sutarip mengatakan, bantuan dana tersebut diberikan untuk mempermudah pendirian koperasi. “Kalau mengandalkan dana pinjaman perbankan kan membutuhkan proses, apalagi tidak semua pengajuan akan disetujui,” tuturnya.

Program tersebut, untuk menyelaraskan program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Jateng, terkait program pengentasan kemiskinan. “Pengembangan usaha koperasi ini diharapkan mampu turut membantu perekonomian keluarga yang jadi anggotanya,” katanya.

Untuk mengembangkan koperasi itu, dibutuhkan modal sekitar Rp 15 juta. Sedangkan pemkot hanya membantu Rp 10 juta untuk modal ditambah Rp 1 juta untuk biaya notaris. “Kekurangan yang Rp 5 juta nantinya akan disokong PKK setempat,” ujarnya.

Dalam pengembangannya, Dinas Koperasi dan UKM akan mendampingi serta menyiapkan evaluasi. Dijelaskannya, Pemprov Jateng memiliki program memberi dana Rp 100 juta untuk tiap-tiap kelurahan/ desa. Apabila program itu menyentuh Kota Semarang, warga sudah siap mengelola dana tersebut. Pengelolaan koperasi yang didirikan itu sebagai bentuk pembelajaran mengelola dana.

“Kalau tidak punya keterampilan mengelola uang, bisa-bisa dana Rp 100 juta itu habis untuk belanja konsumtif. Dengan pengalaman menjalankan koperasi, mereka sudah terbiasa mengelola uang,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Masrohan Bahri mengatakan, dengan tumbuh sehatnya usaha, koperasi diharapkan dapat membantu warga sekitar untuk dapat meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

“Nantinya akan dikembangkan pelatihan-pelatihan guna menumbuhkan koperasi wanita agar dapat menjadi andalan masyarakat. Di masa mendatang, setiap kelurahan nanti diupayakan ada satu koperasi wanita,” katanya. (lissa/abas/puji - harian semarang)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous