Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Kawasan Banjarsari, Pati, telah terbiasa terendam banjir


Oleh Hery Priyono

Bencana banjir yang melanda Kabupaten Pati dan Kudus baru-baru ini disebabkan  peralihan fungsi lahan di kawasan Gunung Kendeng.

Hutan yang semula rimbun dengan pohon-pohon besar, malah ditebangi masyarakat sekitar dan dijadikan sebagai lahan pertanian. “Ini disebabkan alih fungsi lahan, dari yang tadinya kawasan hutan dengan banyak pohon-pohon besar, malah dijadikan lahan pertanian oleh penduduk. Sehingga, ketika hujan lebat air tidak mampu terserap dan menimbulkan banjir,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng Sarwa Pramana, saat dihubungi kemarin.

Akibat dari banjir tersebut, kerugian yang dialami diperkirakan mencapai miliaran rupiah. Termasuk juga menelan korban jiwa dua warga Pati dan rusak serta robohnya bangunan rumah milik warga. Tercatat, 54 rumah rusak berat dan 59 rumah lainnya roboh tak tersisa.

Sarwa sendiri saat melakukan kunjungan langsung ke lokasi bencana mengatakan, pihaknya saat ini sudah melakukan koordinasi dengan tim tanggap darurat masing-masing daerah. Selain itu, bersama dengan Pemkab Pati dan Kudus dalam waktu dekat BPBD akan mulai melakukan recovery dengan terlebih dulu mengajukan bantuan dana ke pusat.

“Nanti kita akan ajukan permohonan anggaran bantuan kepada Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN) untuk dana tanggap darurat ini. Tentunya pengajuan tersebut setelah mendapat rekomendasi dari Gubernur Jateng dan Pemda setempat,” imbuhnya.

Lebih jauh dirinya berharap bahwa kejadian seperti ini tidak perlu sampai terulang lagi. Oleh karena itu, dirinya menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan penebangan atau pembukaan lahan di kawasan hijau. Selain itu dirinya meminta agar masyarakat melakukan penanaman pohon sebagai langkah penghijauan. (tab)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous