Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Jembatan Pungkruk Tunggu Tahun Depan


Oleh Sukma Wijaya

Pembangunan jembatan sungai Pungkruk Demak akan dimulai tahun 2013 mendatang. Ada dua alternatif, jembatan permanen atau jembatan darurat khusus motor.

WARGA Dusun Pungkruk Desa Jragung, Karangawen harus bersabar. Impian mereka memiliki jembatan, baru bisa terealisasi tahun depan. Selama ini, untuk beraktivitas ke luar kampung, warga harus menyeberangi sungai selebar 50 meter. Alternatif lain, memutar melewatu Kecamatan Tanggungharjo, Grobogan sejauh 15 kilometer.

Rencananya, baru tahun 2013 pemerintah akan membangun jembatan. Kemarin, sejumlah anggota Komisi C DPRD Demak mengunjungi lokasi sungai. Para anggota dewan sempat terenyuh dan menegur sejumlah siswa SDN 3 Jragung yang bersiap menyeberang. Belasan anak SD itu baru pulang dari sekolah, setelah melepas pakaian dan menenteng bukunya di atas kepala, mereka nekad menerobos derasnya air Sungai Jragung. Derasnya air sungai akibat hujan, tak membuat para bocah itu khawatir. Seakan mereka sudah terbiasa menghadapi maut.

"Sudah biasa sehingga saya tidak takut. Kecuali kalau banjirnya tinggi, kami tidak berani nyeberang," kata seorang siswa Muklas (11) menjawab pertanyaan anggota dewan. Kurang  dari sepuluh meter, di belakangnya Maftuh (45) warga Pungkruk ikut menyeberang usai mencari rumput untuk ternaknya.

Menurut Sekretaris Komisi C, Fatkan setelah melihat kondisi itu, semua anggota Komisi C sepakat akan mendorong segera dianggarkan dana untuk pembangunan jembatan. Pihak khawatir bila lama tidak dibangunkan jembatan, akan jatuh korban saat warga menyeberangi sungai Jragung. "Kami sepakat, semua  anggota Komisi C akan mendorong segera diberikan anggaran untuk pembangunan jembatan," kata Fatkan.

Kepala DPUPPE Budi Hariyanto melalui Kabid Bina Marga Budi Harsono mengatakan, rencananya tahun 2013 pemerintah akan merealisasikan jembatan di Dusun Pungkruk. "Bila dibangun jembatan permananen akan membutuhkan dana lebih dari Rp 4 miliar. Kalau hanya jembatan yang bisa dilewati motor dan pejalan kaki, hanya butuh anggaran kurang dari Rp 1 miliar," ungkap Budi saat mendampingi kunjungan dewan, kemarin. (swi/nji)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous