Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

B-Boy, Komunitas Breakdance Semarang Tetap Eksis di Tengah Keterbatasan

Anggota B-boy sedang melakukan powermove. Komunitas ini masih tetap eksis dengan berbagai kendala yang dihadapi
SEKELOMPOK anak muda terlihat melakukan tarian tak lazim di ujung Jalan Pahlawan. Mereka menekan posisi kepala di bawah bertumpu pada trotoar, kaki diangkat tinggi-tinggi ke atas dan mencoba memutar badan hingga 360 derajat.

Meski tergolong ekstrem, gerakan tersebut bisa menciptakan sebuah kombinasi yang indah, sehingga banyak pejalan kaki yang menyempatkan diri untuk berhenti sejenak dan melihat atraksi tersebut

Apa yang dilakukan sekelompok anak muda tersebut merupakan jenis dance dengan tipe powermove, sebuah gerakan yang paling digandrungi oleh komunitas breakdance Semarang yang diberi nama B-Boy.

Cikal bakal B-Boy dimulai pada tahun 2002, ketika breakdance mulai popular di Kota Lunpia. Lantaran  peminatnya sudah semakin banyak, timbul inisiatif untuk membuat satu wadah yang bisa mempertemukan penggemar breakdance.

“Apresiasi warga Semarang lumayan bagus sehingga membuat komunitas ini semakin berkembang,” kata Riki selaku ketua B-Boy Semarang.

Untuk latihan, biasanya dilakukan setiap Sabtu malam. Dengan iringan speaker sederhana, seringkali atraksi yang diperlihatkan bisa menyihir orang yang berlalu-lalang di sekitarnya. Untuk lebih memacu adrenalin, tak jarang berbagai macam gerakan ekstrem dilakukan.

“Yang pernah cedera juga ada, tetapi jarang sekali serius. Yang penting untuk meminimalisir cedera lakukan pemanasan secara teratur,” tambah Riki.

Walaupun sudah berjalan lama, bukan berarti B-Boy tidak mengalami hambatan, salah satunya adalah minimnya fasilitas yang dimiliki. Dengan mengandalkan speaker mini tentu saja kurang maksimal ketika harus beraksi di tengah bisingnya kendaraan.

Padahal, iringan musik tersebut menjadi faktor utama untuk menyelaraskan gerakan-gerakan. Meski begitu, hambatan ini tak mengurangi antusias mereka untuk beraksi.

B-boy masih tetap eksis, dengan anggota mencapai 50 orang. Untuk mendukung aktivitas kelompok, masing-masing anggota ditarik iuran sukarela. Dari iuran inilah mereka bisa membeli konsumsi dan alat-alat penunjang kegiatan berakdance dan menggelar latihan setiap Minggu malam di Jalan Pahlawan.(nul/17)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

2 comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous