Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Sururi: Dokter Mangrove

Sururi (HARSEM/LISSA FEBRINA)
BAGI warga pesisir pantai Mangunharjo, nama Sururi sudah tidak asing lagi. Selain sebagai tokoh masyarakat, dialah ‘dokter mangrove’ yang tak kenal lelah menanam dan merawat tumbuhan pelestari pantai itu.

Dia merupakan salah satu pelopor penanaman mangrove di kawasan Mangunharjo. Termasuk, mengajak warga mengkonsumsi produk dari tanaman yang dulu dianggap tak memiliki nilai ekonomis itu.

“Ada beberapa jenis mangrove yang bisa dimanfaatkan untuk bahan baku makanan,” ujarnya.
Menurutnya, tiga jenis mangrove yakni Bruguiera, dan Rhizopora, sudah saatnya dibudidayakan. Namun jenis yang dapat dimanfaatkan untuk konsumsi hanya bakau jenis Avicennia.

“Sudah mulia diolah oleh istri saya untuk membuat kue bolu, klepon, dan puding. Saya juga terus mengajarkan ini kepada warga,” jelasnya.

Sururi yang tergabung dalam Kelompok Tani Subur Makmur dikenal sebagai tokoh kesatuan lingkungan yang giat menggalakkan penghijauan tanaman bakau di wilayah Mangunharjo.

Pada 2009, Sururi dan kelompok taninya pernah memperoleh penghargaan Adibakti Mina Bahari bidang pelestarian hutan mangrove dari Kementerian Kelautan dan Perikanan. (lif/16)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous