Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Bandeng Tandu Kendal MIR Duri pun Bisa Menjadi Duit

  FiskaOPAK DURI BANDENG : Diah Permatasari (40) menata kemasan opak duri yang merupakan salah satu olahan Bandeng Kendal MIR dalam pameran di Semarang, baru-baru ini.  (JBSM/Modesta)

Mengolah bandeng duri lunak dengan cara di presto sudah tak asing lagi bagi warga Semarang dan sekitarnya, namun mengolah duri dan kulit bandeng untuk menjadi camilan bernilai jual tinggi, membutuhkan keuletan dan kesabaran.
 
Seperti yang dilakukan Diah Permatasari (40), salah satu pemenang IKM Award yang digelar Dinperindag Jateng baru-baru ini memanfaatkan seluruh bagian bandeng untuk diolah menjadi berbagai produk yang digemari.
 
Pemilik usaha bandeng tanpa duri (tandu) ini memiliki cara tersendiri untu mengolah limbah yang berupa duri dan kulit ikan bandeng.  Duri yang dicabuti tidak langsung dibuang begitu saja, tetapi diolah menjadi camilan yang semakin digemari.
 
Sebut saja opak duri, kerupuk duri, tumpi duri dan juga dimanfaatkan untuk pakan bebek. Selain itu juga ada olahan rengginang bandeng dan kulitnya pun bisa dibuat peyek.
Variasi olahan bandeng tandu pun lebih beraneka rasa seperti misalnya asam manis, pedas, bakar madu, pepes, otak-otak hingga bakso yang dikemas dengan bumbu siap santap.
 
Lima  tahun lalu, Diah tak menyangka bandeng tandu buatannya bisa menembus pasar bahkan masuk ke ritel besar seperti Carrefour di berbagai kota. Dengan pelatihan sebelumnya yang telah dilakukan bersama dengan lembaga swadaya masyarakat serta PKK, pelan-pelan usaha Diah yang berada di desa Jambearum RT 04/RW 02 terus berkembang.
 
''Waktu pelatihan bisa sampai 50 orang tapi yang <I>netas<P> hanya saya. Setelah mulai berkembang, kini semakin banyak produksi bandeng tandu di Kendal,'' ujar wanita yang tergabung dalam Koperasi MIR Karsa itu saat ditemui di sebuah kegiatan pasar murah di Semarang, belum lama ini.
 
Jika di awal usahanya, hanya dua kilogram bandeng saja yang diolah kini Diah bersama 15 karyawannya bisa mengolah 150 kg-200 kg bandeng setiap harinya. Suplai ke ritel besar seperti Carrefour sudah berjalan sekitar 1 tahunan sementara pasar lainnya lebih didominasi ke sejumlah restoran di beberapa kota besar.
 
“Harga olahan bandeng ini beragam mulai dari Rp 7 ribu hingga Rp 75 ribu dan setiap bulan sedikitnya omzet Rp 600 juta bisa diraup oleh koperasi tersebut,” tuturnya.
 
Mendekati Lebaran ini, para produsen bandeng tandu Kendal termasuk Diah juga sudah bersiap menghadapi lonjakan permintaan. Belajar dari tahun sebelumnya saja, dari stok delapan freezer yang kapasitas masing-masing sekitar 1,5 kuintal masih belum cukup untuk pelanggan yang hendak membeli untuk oleh-oleh.
 
''Padahal sudah siapkan stok cukup banyak ternyata belum cukup juga. Pengunjung yang mampir di Kendal Permai lantai dua banyak yang kecele, makanya kita antisipasi untuk memperbanyak produksi olahan bandeng,'' kata Diah. (Modesta Fiska/jbsm/14)




Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

1 comment :

  1. Otak-Otak Bandeng " YUANA FOODS"
    Enak & Lezat....

    Dari Daging Bandeng Pilihan yang berKwalitas
    "TANPA BAHAN PENGAWET"Dibuat melalui mesin presto modern dgn racikan bumbu khas "YUANAFOODS" menjadikan Otak-otak Bandeng "YUANAFOODS" semakin Sedap, Nikmat & bisa dikonsumsi tanpa harus ada yg dibuang.
    Disukai oleh Anak-anak & cocok utk Hidangan Harian Keluarga.
    Pengemasan yg Higenis dgn Mesin Vaccum Pack Modern hampa udara shg Otak-otak Bandeng "YUANAFOODS" bisa bertahan diluar Kulkas hingga 2 minggu.
    Duz kemasan yg Elegant & Exclusive pas utk Oleh-oleh.
    Harga Murah & Terjangkau : 1 Kg isi 3-4 ekor hanya 98rb
    Melayani Pesanan & Kiriman Dalam maupun Luar Kota
    Ready Stock !!


    Hubungi segera

    "YUANA FOODS"

    * 08 222 592 6789 *

    ReplyDelete

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous