Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

IDUL FITRI SERENTAK 19 AGUSTUS 2012 -NU dan Muhammadiyah Sama

HALAQAH ULAMA: Ketua Umum MUI Jateng Dr KH Ahmad Darodji MSi ketika membuka halaqah ulama Memahami Hilal dan 1 Syawal 1433H di Hotel Semesta Semarang, kemarin. (SM/Agus Fathuddin)


 SEMARANG- Bila awal Ramadan terjadi perbedaan antara pemerintah dan sejumlah ormas Islam di Indonesia, Idul Fitri 1433 H tahun ini hampir pasti serentak jatuh pada Minggu Kliwon 19 Agustus 2012.

''Dapat dipastikan tidak ada perbedaan antara Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, Persatuan Islam (Persis), Al-Irsyad, Al-Washliyyah dan Dewan Dakwah Islamiyyah Indonesia (DDII),'' kata Drs KH Slamet Hambali MSi anggota Badan Hisab Rukyat Pusat dalam halaqah alim ulama MUI Jateng "Memamahi Hilal Syawal 1433H" di Hotel Semesta Jalan KHA Wahid Hasyim, Kranggan, Semarang, kemarin.

Acara yang dimoderatori Dr Muhyiddin MA itu menampilkan pembicara Dr Ing Khafid, Lajnah Falakiyah PBNU, Ketua Komisi Fatwa MUI Jateng KH Kharis Shodaqoh dan Ketua Umum Asosiasi Dosen Falak Indonesia Dr H Ahmad Izzuddin MAg.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng Dr KH Ahmad Darodji MA mengusulkan agar Presiden menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) tentang kesepakatan penentuan awal Ramadan dan 1 Syawal.

''PP tersebut berisi kesepakatan-kesepakatam para ahli falak baik menyangkut imkanurrukyat, hisab, rukyah maupun itsbat. Dengan adanya PP itu nantinya semua harus taat dan patuh sehingga umat Islam Indonesia bisa melaksanakan puasa Ramadan serentak bersama-sama dan Idul Fitri 1 Syawal juga bersama-sama,'' tutur Kiai Darodji.

Menurutnya, jangan ada lagi perbedaan awal Ramadan maupun Idul Fitri. Karena, pendekatan dakwah jelas sangat tidak menguntungkan. Bagaimana mau menyatukan umat, wong menyatukan Ramadan dan Idul Fitri saja tidak mampu? Karena itu butuh ada PP yang diterbitkan oleh Presiden.

Menurut Dr Ing Khafid dari Lajnah Falakiah PBNU, umat Islam Indonesia aneh. Garis tanggal hijriyah di Indonesia bisa melewati atap rumah-rumah umat Islam. Sehingga dalam satu keluarga bisa memulai dan mengakhiri Ramadan pada hari yang berbeda-beda.

''Situasi seperti ini tidak pernah terjadi di masa Rasulullah SAW ataupun di masa para sahabat. Kesimpulannya tidak ada dalil yang membolehkan perbedaan semacam ini,'' tegasnya.
Hisab Hanya Pendukung

Ketua Komisi Fatwa MUI Jateng KH Kharis Shodaqoh menjelaskan, berdasarkan pendapat jumhur ulama, dalam penentuan awal Ramadan dan 1 Syawal melalui metode rukyah atau istikmal. Maka metode lain seperti melibatkan metode astronomi dan hisab sifatnya hanyalah pendukung atau penguat rukyatul hilal. 

''Sangat mungkin hilal itu wujud menurut ilmu hisab tetapi tidak bisa dirukyah. Dalam kondisi seperti ini jumhurul ulama menganggap belum rukyah (belum masuk tanggal),'' tegas pengasuh pesantren Al-Itqon, Bugen, Tlogosari itu.

Menurut Kiai Slamet Hambali, berdasarkan hisab, Sabtu Wage 18 Agustus atau 29 Ramadan 1433 H, tinggi hilal kurang lebih 6 derajat dan matahari terbenam pada pukul 17.40.

''Muhammadiyah mempunya kriteria sendiri yakni hisab wujudul-hilal. Hilal dianggap sudah wujud bilamana saat matahari terbenam bulan tidak mendahului terbenam. Ijtimak sudah terjadi sebelum matahari terbenam. “Muhammadiyah sudah mengumumkan bahwa awal Syawal 1433H jatuh Minggu Kliwon 19 Agustus 2012,'' katanya.

Sedagkan Nahdlatul Ulama (NU) meski dalam kalender takwim menyebutkan 1 Syawal 1433H jatuh hari Minggu Kliwon 19 Agustus, namun untuk kepastiannya tetap menunggu hasil rukyah 29 Ramadan mendatang. (B13, H84-JBSM/11)

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous