Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Buruh PT Ara Shoes Mogok Kerja Tuntut UMK dan Jamsostek

Polisi menjaga ketat aksi mogok buruh (HARSEM/SM NETWORK)
UNGARAN–Sedikitnya 2.000 karyawan pabrik sepatu PT Ara Shoes (AS) di Pringapus, Kabupaten Semarang melakukan aksi mogok kerja di lingkungan pabrik, Rabu (30/1) kemarin. Mereka menuntut upah sesuai UMK sebesar Rp 1,2 juta per bulan.

UPAH itu harus dipenuhi karena para karyawan sudah melewari masa trainning. Pantauan Harsem, peserta aksi mogok kerja didominasi buruh perempuan. Mereka melakukan aksi duduk-duduk di kompleks pabrik. Tuntutan lain adalah pengaturan jam kerja, jamsostek maupun upah.

“Kami menuntut manajemen pabrik memberikan upah sesuai UMK sebesar Rp 1,2 juta per bulan. Selain itu, jam kerja harus sesuai aturan, serta istirahat selama satu jam,” tuntut salah satu buruh.

Koordinator aksi sekaligus Sekretaris DPC Serikat Pekerja Nasional (SPN) kabupaten Semarang, Ari Munanto menyatakan, mereka mendapat dukungan dari aktifis buruh di Kabupaten Semarang. Ditambahkan, aksi terpaksa dilakukan, karena setelah berkali-kali perundingan dengan manajemen tidak pernah membuahkan hasil.

“Aksi ini merupakan puncak kekesalan buruh. Karena semua perundingan mentok. Hak buruh harus dihormati dan jangan hanya diperas tenaganya,” kata Ari Munanto.

"Hak normatif yang belum didapat sebagian buruh PT Ara Shoes Indonesia di antaranya belum semuanya mendapatkan jaminan sosial tenaga kerja (jamsostek), standar skala upah sesuai jenjang masa kerja, dan pemenuhan jam kerja sesuai ketentuan undang-undang," imbuhnya.

Adapun kenaikan skala upah yang diusulkan buruh, lanjutnya, antara Rp 50 ribu hingga Rp 200 ribu. Terlepas dari itu, pihaknya menyebutkan kepersertaan Jamsostek sudah dipenuhi perusahaan.

"Rencananya semua pihak yang tergabung dalam tripartit akan menggelar mediasi lanjutan. Sembari menunggu kesepatakan, buruh akan melanjutkan mogok kerja selama tiga hari hingga, Jumat (1/2)," lanjut Ari.

Ganggu Investasi
Ditemui terpisah, Kepala Bagian Pembinaan Hubungan Industrial Dinas Sosial Tenaga kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Semarang, Agus Sariyanto membenarkan ada dua poin penting yang memicu aksi buruh.

Pada mediasi sebelumnya, menurut Agus, pihak perusahaan sudah menyambut baik tuntutan buruh. Yakni mengikutkan semua buruh mendapatkan jamsostek, yang saat ini belum penuh 100 persen.

"Kenaikan skala upah belum disepakati. Kami selaku pemerintah akan memfasilitasi mediasi tripartit agar ada solusi terbaik untuk buruh maupun perusahaan," ujarnya.

Ditambahkan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Semarang, Ari Prabono, pihaknya cemas bila aksi buruh berlanjut. Pasalnya, aksi mogok akan berdampak pada iklim investasi di Kabupaten Semarang.

"Jika aksi berlanjut dan terjadi di perusahaan lain, kami khawatir akan berdampak pada iklim investasi di Kabupaten Semarang," tegas Ari Purbono. (hes, H86-S Network/nji)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

1 comment :

  1. #epoxysemarang #epoxyyogyakarta #epoxyjogja #epoxysolo #epoxysragen #epoxytegal #epoxypekalongan #epoxypurwokerto #epoxyjateng #epoxybandung #epoxypurwakarta #epoxybekasi #epoxytangerang #epoxyserang #epoxycilegon #epoxybanten #epoxyjabar #epoxysurabaya #epoxygresik #epoxypasuruan #epoxymalang #epoxypandaan #epoxyjatim #epoxybali #epoxylampung #epoxysumatra #epoxykalimantan #epoxysulawesi #epoxyindonesia #jinggarayaepoxy

    Kepada Yth
    Pimpinan Perusahaan, Kontraktor, Arsitek, Agen, freeline

    Dengan Hormat
    Kami Jingga A.Raya Coating (aplikator epoxy) yg sudah berpengalaman lebih dari 8 tahun dengan senang hati memberikan informasi dan menawarkan pengerjaan EPOXY FLOORING - Lantai Modern, Eksklusif, dan Hygenis - untuk lantai pabrik atau gudang. Kami Jingga A.Raya Coating sudah banyak mengerjakan pabrik/perusahaan besar dan kecil. Beberapa diantarannya sbb:

    PROTECTIVE Coating
    1. Pabrik Farmasi - Sidoarjo
    2. Percetakan - Surabaya
    3. Pabrik Kopi Instan - Semarang
    4. Pabrik Plastik - Semarang
    5. Gudang Pakan Ternak - Semarang
    6. Pabrik Furniture - Semarang
    7. Pabrik Herbal - Salatiga
    8. Perakitan sepeda motor - Semarang
    9. Pabrik Pengalengan ikan - Banyuwangi
    10. Pabrik Tekstile - Semarang
    11. Pabrik mesin - Semarang
    12. Pabrik Minuman instan - Semarang
    13. Pabrik pengolahan ikan & Udang - Lampung
    14. Pabrik Farmasi – Semarang 1 & 2
    15. Pabrik Roti Sariroti - Semarang
    16. Pabrik Herbal – Lampung
    17. Gudang Farmasi Pemprov - Lampung
    18. Indonesia Power (PLN) – Semarang
    19. Indonesia Power (PLN) – Jakarta
    20. Pembangkit Jawa Bali (PJB) semua area
    21. Garment Industry (Emba Jeans) - Malang Jawa Timur
    22. Herbal & Pharmacy industry - Semarang Jawa Tengah
    23. Dll
    Plus banyak project Decorative Coating (Hotel, Villa, Cafe, Resto, kantor, sekolah, Residence dll)

    Kami Jingga A. Raya Coating and Protection juga memiliki produk yg biasa kami pake dengan kualitas yg sudah cukup teruji dengan banyak keunggulan, yaitu J-Floor untuk flooring dan J-Coat. Selain itu kami juga siap menggunakan produk pilihan sesuai keinginan Anda.

    Dikerjakan oleh team yg berpengalaman dan Profesional

    Untuk informasi dan konsultasi gratis
    Hubungi Kami
    Hp 0821 3851 5538
    WA 0813 9307 1048
    Www.jinggaraya.com
    Support@jinggaraya.com
    Jinggaraya.coating@gmail.com

    Nb. Contoh pekerjaan bisa lihat di FB kami : Jingga A.Raya

    Terima kasih
    Salam

    ReplyDelete

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]