Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Di Sumowono, Kabupaten Semarang 57 Rumah Hancur Dihantam Puting Beliung



Dua dusun di wilayah Desa Candigaron, Sumowono, Kabupaten Semarang, hancur diterjang angin puting beliung, Rabu (9/1) sore hingga petang kemarin. Akibatnya, 57 rumah mengalami rusak parah. Saat puting beliung menerjang, disertai hujan.

Atap-atap genting dan asbes puluhan rumah warga tersebut beterbangan, dan menimbulkan suara keras saat terjatuh, sehingga membuat panik. Mereka berhamburan keluar rumah.

“Angin puting beliung itu tidak terlalu lama, namun dalam sekejap puluhan rumah roboh. Untuk menghindari kejadian yang lebih parah, akhirnya saya dan anggota keluarga mencari rumah warga lain untuk menyelamatkan diri,” terang Dahri (42), warga RT 03/RW 09, Bodean, Candi Garon, Kamis (10/1) kemarin.

Hal senada diungkapkan Parwidi (65), warga RT 03/ RW 08 dusun yang sama. Saat puting beliung menerjang, terdengar suara gemuruh disertai suara kayu patah yang berasal dari kuda-kura atap rumah yang patah. Bahkan, di wilayahnya ada sembilan rumah yang rusak berat akibat disapu badai.

Sementara, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Candigaron, Serda Hadi Suprapto menyatakan, dari hasil laporan warga dan pendataan petugas, sebanyak 57 rumah warga mengalami kerusakan. Rumah itu berada di Dusun Garon (37) dan Dusun Bodean (20). Dengan bergotong royong, akhirnya rumah-rumah warga itu langsung diperbaiki. Salah satu kendalanya adalah kesulitan mencari genting yang sama dengan rumah yang rusak itu.

Perbaikan rumah dilakukan bersama warga setempat dengan dibantu anggota TNI dari Koramil Sumowono dan anggota SAR Bumi Serasi.

Bupati Semarang, dr H Mundjirin ES SpOG saat meninjau lokasi kejadian
mengatakan, kerusakan rumah warga akibat puting beliung ini akan mendapatkan bantuan dari Pemkab Semarang. Bantuan dana itu akan disalurkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

“Anggarannya akan kami ambilkan dari dana tak terduga (TT) yang sekarang ini masih ada sebesar Rp 2,5 miliar. Dana bantuan akan dikucurkan ke warga, dalam dua hari ke depan,” tandas H Mundjirin. (hes/rif)


SM/Ranin Agung
<B>PERBAIKI RUMAH:<P> Warga Dusun Garon, Desa Candigaron, Sumowono dibantu anggota Koramil Sumowono tengah memperbaiki rumah yang terkena angin puting beliung, Kamis (10/1).

10arusak2-H86.jpg
SM/Ranin Agung
<B>BERI BANTUAN:<P> Ketua PMI Kabupaten Semarang, Bintang Narsasi Mundjirin menyerahkan bantuan sembako dan perlengkapan rumah tangga kepada korban puting beliung di Dusun Garon, Desa Candigaron, Sumowono, Kamis (10/1).

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]
Create gif animations. Loogix.com. Animated avatars. Animated avatar. Motley Animated avatar. Gif animator. Animated avatar. Gif animator. Zoom Gif animator. Motley Create gif animations. Zoom Animated avatar. Movie Create gif animations. Gif animator. Zoom Animated avatar. Loogix.com. Animated avatars. Negative Animated avatar. Zoom Rumah Zakat Animated avatar. Negative Babyface, Harian Semarang liquid executive club, tonitok rendezvous