Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Ismy Surjadi Mengolah Sampah Jadi Tas

HARSEM/DOK

JOMBLANG- Banyak cara yang dapat dikerjakan, yang memberikan dampak positif bagi wilayah. Seperti yang dilakukan Ismy Surjadi, warga Kinibalu Barat, Kelurahan Jomblang Kecamatan Candisari, yang merintis olah sampah plastik menjadi produk yang lebih berguna.

Keprihatinannya melihat kumuhnya daerah di wilayah bantaran sungai Bajak, menggugah Ismi untuk merubah lingkungan menjadi bersih. Bahkan untuk memberikan motivasi kepada warga, dirinya bersama kader membagikan tas kepada penjual warungan.

“Di sepanjang bantaran banyak PKL, mereka membuang sampah di sungai. Tas plastik ini saya berikan agar mereka tidak membuang sampahnya di sungai,” ungkapnya. Sampah-sampah tersebut diolah Ismi menjadi sebuah tas. Ismy yang juga penggerak kader lingkungan, memiliki keterampilan mengolah sampah melalui pelatihan yang diadakan Bintari pada 2002.

Berawal dari mengikuti pameran di kelurahan yang dihadiri pejabat drai pemkot, Kementerian Lingkungan Hidup maupun berbagai direksi perusahaan. Usahanya ini berkembang menjadi sekarang ini. Tidak hanya tas saja, tetapi berbagai produk juga bisa dihasilkan dengan bahan dasar sampah.

Dia pun mempekerjakan warga di sekitar rumahnya. "Jadi untuk pembuatan tas, warga membuatnya di rumah sedangkan desainnya dibuat sendiri. Baik bahan modal dan desain dari kami dan warga tinggal menjahit saja," katanya.

Sekarang ini beberapa hasil karyanya sendiri banyak pembeli yang dari Jepang, India, China, Jerman, Singapura dan Afrika. Tetapi ada juga dari pembeli dari luar Jawa. "Biasanya mereka dari luar negeri itu mendatangi Kementerian Lingkungan Hidup kemudian diarahkan untuk ke Semarang," katanya. (wam/tab)


Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]