Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Jembatan Babadan Ambrol Klaten-Sukoharjo Terancam Putus

Fondasi jembatan Babadan di Desa Babadan, Kecamatan Karangdowo, Klaten ambrol sehingga jalur yang menghubungkan Klaten dengan Sukoharjo itu terancam putus.HARSEM/SMNetwork/Merawati Sunantri)






KLATEN - Jembatan Babadan di Desa Babadan, Kecamatan Karangdowo yang menghubungkan Klaten dengan Sukoharjo terancam putus, menyusul ambrolnya salah satu fondasi jembatan akibat banjir yang terjadi tiga hari terakhir. Bila sampai ambrol, maka jalur itu akan terputus.
Menurut Kepala Dusun II Desa Babadan, Toni Susanto, jembatan sepanjang 20 meter dengan lebar 4 meter itu ambrol pada tiang sisi selatan bagian barat. Bagian pagar beton di atasnya ikut ambrol, sehingga materialnya runtuh ke dasar Sungai Babadan yang juga anak Sungai Bengawan Solo itu.
''Rusaknya fondasi akibat tergerus air. Ini membahayakan pengguna jalan terutama kendaraan roda empat. Untuk menghindari kecelakaan, kami akan memasang barikade  memberikan peringatan kepada kendaraan supaya tidak melewati jembatan itu,'' kata Toni kepada wartawan, Selasa (29/1).
Kerusakan itu sangat disayangkan, karena fungsi jembatan itu sangat penting untuk menghubungkan Desa Babadan, Karangdowo dengan Desa Tambakboyo, Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo. Bila sampai jembatan itu  putus, maka pengguna jalan harus memutar arah sejauh 4 km.
Hal yang sama diungkapkan Bendahara Desa Babadan, Sinung Nugroho. Apalagi, saat ini, kondisi tiang sebelah selatan bagian timur juga sudah retak. Pagar beton sudah terbelah menjadi dua bagian. Sungai itu memang sering dilanda banjir bandang, sehingga airnya menggerus bagian fondasi bahkan mengikis pekarangan warga.
Warga setempat berharap agar jembatan tersebut segera diperbaiki, agar akses menuju Sukoharjo tidak terputus. Banyak warga Klaten yang bekerja di Sukoharjo, begitu pula sebaliknya.
Kerusakan itu juga mendapat perhatian dari anggota Komisi III DPRD Klaten Drs H Sunarto MHum. Dia menyarankan agar jembatan ditutup untuk sementara  agar tak dilalui kendaraan roda empat. Komisi III sudah menerima usulan masyarakat dan akan segera mengusulkan perbaikan jembatan itu dengan dana APBD.(F5/SMNetwork/njs)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]