Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Pedagang Ikan Pasar Kobong Akan Dipindah Pembangunan Pasar Baru Rp 8,8 Miliar

Pasar ikan higienis Rejomulyo. Di kawasan ini akan dibangun pasar ikan basah untuk menampung pedagang pasar ikan basah dari Pasar Kobong. HARSEM/INDRA PRABAWA



PEMKOT Semarang rencananya akan membangun pasar ikan basah di kawasan Pasar Ikan Higienis (PIH) Rejomulyo, Jalan Pengapon Semarang Timur. Pasar yang menurut informasi akan dibangun pemerintah pusat dengan anggaran Rp 8,8 miliar itu, akan digunakan untuk memindahkan pedagang pasar ikan basah di Pasar Kobong (Pasar Rejomulyo).
Informasi itu didapat dari Anggota Komisi C DPRD Kota Semarang Ari Purbono. Ketika ditemui Senin siang (28/1), Ari mengatakan bahwa pembangunan pasar ikan basah ditargetkan akan dilaksanakan tahun ini.
"Untuk sementara pedagang ikan di Pasar Kobong (Pasar Rejomulyo-red) akan dipindah ke Pasar Ikan Higienis (PIH) Rejomulyo. Sementara Pasar Kobong rencananya akan dibuat taman atau ruang terbuka hijau," katanya.
Pembangunan pasar baru di atas lahan sekitar 3.000 meter itu, akan dibuat tiga lantai. Lantai dasar direncanakan khusus untuk pedagang ikan basah, lantai dua untuk pedagang bumbon atau sayur mayur, dan lantai tiga untuk perkantoran. "Saat ini detailed engineered design (DED) sudah jadi," kata Ari Purbono.

Siap Pindah
Terpisah, Kepala Dinas Pasar Kota Semarang Nugroho Joko Purwanto mengatakan, pembangunan pasar ikan ini kewenangannya ada di Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang. Tapi pihaknya siap membantu pedagang untuk sosialisasi dan pemindahan.
Terkait dengan rencana pemindahan pedagang, pihaknya juga akan melibatkan pihak terkait seperti Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Semarang serta Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Semarang.
"Memang butuh koordinasi antar-pihak. Tapi pada intinya kami siap membantu bila para pedagang Pasar Rejomulyo harus dipindahkan ke PIH yang lokasinya tidak jauh dari pasar lama," kata Nugroho. (H71,H35/SMNetwork/sae)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]