Berita

[Berita][bleft]

Artikel

[Ekonomi][twocolumns]

Penjualan Viar Roda Tiga Meningkat 200%

Jajaran Direksi PT Triangle Motorindo memamerkan motor roda tiga Viar terbaru di DP Mall Semarang, kemarin.
SM/Fista Novianti
SEMARANG-Pertumbuhan bisnis pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang semakin pesat berdampak signifikan terhadap penjualan motor niaga. Penjualan motor niaga roda tiga terus melesat setiap tahunnya.

PT Triangle Motorindo prinsipal Viar Motor Indonesia misalnya, setiap tahunnya mencatat angka penjualan cukup fantastis hingga 200%. General Manager Marketing PT Triangle Motorindo, Akhmad Zafitra Dalie menuturkan, sepanjang 2012 lalu, penjualan motor Viar roda tiga seluruh Indonesia mencapai 36.000 unit. Meningkat sebesar 200% dari penjualan 2011 sebesar 24.000 unit.

''Kenaikan penjualan ini lantaran semakin tumbuhnya jumlah UMKM. Sehingga membuka peluang baru bagi penyedia kendaraan alternatif seperti motor roda tiga untuk menunjang bisnis pengusaha UMKM,'' katanya saat media gathering di DP Mall Semarang, kemarin.

Bahkan permintaan tinggi akan motor roda tiga belum bisa diimbangi dengan kapasitas produksi yang ada. Sehingga, kata Akhmad, tak mengherankan apabila terjadi inden. Pada Januari lalu, inden motor niaga di wilayah Jateng-DIY hingga mencapai 1.000 unit. Sedang, kapasitas produksi nasional 40.000 unit per tahun.

Menurut dia, pasar motor roda tiga Viar terbesar diserap di wilayah Jawa Timur dengan rata-rata mencapai 6.000 unit per tahun. Disusul kemudian pasar Jawa Tengah yang memberikan kontribusi 17%-18% dari penjualan nasional atau sekitar 4.000-5.000 unit per tahun. ''Tahun ini kami berupaya mengejar target penjualan di Jateng hingga mencapai 6.500 unit,'' katanya.

Sektor UMKM selama ini mendominasi sebesar 55% pasar motor Viar roda tiga. Sisanya, dari pemerintahan sebesar 30% dan perusahaan swasta. Penjualan motor roda tiga Viar memberikan kontribusi separuhnya sekitar 57% dari total produksi Viar. Sisanya jenis bebek 31% serta sport dan matik.

''Kami terus berbenah meningkatkan kapasitas produksi dengan menambah line baru dan lahan yang lebih luas di pabrik baru serta menambah varian-varian baru yang inovatif,'' terangnya.

Salah satunya dengan keunggulan ''New Karya'' seperti tipe Karya 150. Mengadopsi mesin 150 cc dilengkapi pendingin radiator, kapasitas daya angkut yang lebih luas mencapai 750 kilogram. Tipe tersebut melengkapi 23 varian Viar yang ada.

Ditambahkan Akhmad, Viar mematok standar servis tinggi dengan memberikan servis gratis berkala. Mesin bergaransi selama 3 tahun baik dari suku cadang mesin yang terkecil sampai mesin secara keseluruhan. Kesiapan dealer sebagai titik-titik servis dan sparepart sudah diawali sejak 10 tahun ini mencapai lebih dari 500 dealer di berbagai kota di seluruh Indonesia. (K14-SMNetwork/yul )


Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

No comments :

Silahkan tulis komentar, saran dan kritik anda di bawah ini!
Terima kasih atas kunjungannya, semoga silaturrahim ini membawa berkah dan manfaat untuk kita semua, dan semoga harsem makin maju dan sukses selalu. amin.


Desakundi

[Desakundi][threecolumns]

Pendidikan

[Pendidikan][list]

Ekonomi

[Ekonomi][grids]

Politik

[Politik][bsummary]

Oase

[Oase][threecolumns]